Beberapa Tips Menghilangkan Trauma Masa Lalu

1. Analisa

Menganalisa penyebab trauma kita?! Yup. Cari tempat yang tenang, fokuskan pikiran dan ingatlah apa yang sudah terjadi…semua penyakit pasti ada obatnya, dan bila kita menemukan penyebabnya, insya Allah kita juga bisa membuat penawarnya sendiri.

2. Let it flow

Apapun yg sudah terjadi tentu sudah ditulis-Nya dan kita hanya bisa ambil hikmahnya. Jika itu buruk maka berusahalah untuk memperbaikinya dan jangan sampai terulang lagi. Biarkan semuanya dipupus waktu karena waktu adalah obat yg terbaik.

3. Hadapi, dan jangan takut!

Ya, hadapi saja dan jangan pernah takut karena sesuatu yang buruk telah meninggalkan bekas yang begitu dalam pada diri kita (secara psikologis). Ketakutan hanya akan mengurung kita dalam trauma berkepanjangan…dan akan membuat kita pesimis dalam memandang dan menjalani hidup.

4. Having fun

Lakukan hal-hal yang menyenangkan yang membuat kita tak punya waktu untuk flashback pada penyebab trauma kita. Suasana yang menyenangkan akan membuat kondisi kejiwaan kita jadi rileks juga.

5. Berprasangka baik

Allah sudah berjanji bahwa Dia tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hambaNya. Segala ketentuanNya yang baik atau buruk…ber-husnudzan saja. Jika Dia menguji kita, maka itu artinya Dia masih sayang kita. Jangan jadikan itu sebagai pemicu trauma…tapi sebagai ajang koreksi diri. Apa yang menurut kita baik belum tentu menurut pandanganNya baik, begitu pula sebaliknya.

6. Take it or leave it!

Setuju dengan kutipan di atas. Itu adalah pilihan. Jika kita memilih seperti seekor burung yang terus terkurung di dalam sangkarnya…maka kita tak bisa melihat indahnya dunia, tak bisa mensyukuri nikmat yang sudah kita dapatkan sampai hari ini. Jika kita meninggalkan trauma itu…maka kita telah memperbarui hidup kita. Pilihan itu ada pada kita sendiri. Kalaupun terus terkurung dalam trauma itu, maka itu adalah sebuah kesalahan karena hidup terus berputar.

7. Berdoa

Ada ikhtiar pasti ada doa juga. Jika salah satunya kurang maka akan sia-sia saja. Setelah kita berusaha maka berdoalah agar Allah selalu memberi kekuatan pada kita agar bersabar dalam hidup…termasuk juga dalam menindak trauma kita. Sebenarnya Dia tak pernah memberi kita trauma…hanya saja kita yang menanggapinya terlalu berlebihan sehingga menjadi sebuah trauma psikologis yang berkepanjangan. Kita yang mengubah trauma itu.

Tentang sp0ngew4ter

just an ordinary woman...
Tulisan ini dipublikasikan di TIpS dan tag , , , , , . Tandai permalink.

226 Balasan ke Beberapa Tips Menghilangkan Trauma Masa Lalu

  1. CakTaufiq berkata:

    Assalamualaikum..
    Hemm..tips yang bagus..
    Trauma dengan kejadian yang buruk di masa lampau emang selalu mengganggu..
    Ambil pelajaran yang terbaik dari kejadian seburuk apapun, selalu berfikir positif dan berserah diri kepada Allah swt.

    Salam kenal ukh.. :)

    • sp0ngew4ter berkata:

      terimakasih atas komentarnya. semoga tipsnya bermanfaat…

      • jemie berkata:

        saya sangat trauma dgn masa lalu saya.klo pas saya ingat2 saya seperti orang gila.teriak2 seperti berhalusinasi.apa itu udah parah…?

      • sp0ngew4ter berkata:

        mungkin iya, tapi nggak yakin juga. yg tau separah apa itu adalah diri anda sendiri. mungkin ada baiknya anda share dengan seseorang yg lebih paham mengenai kejiwaan, atau mungkin solusi secara agama itu jauh lebih efektif. tapi sekali lagi semuanya kembali pada diri anda, hendak terus trauma atau stop sampai disitu saja.

        semoga segera pulih :)

      • ussy berkata:

        aslkm…saya sangat merasa terbantu sekali stlh membaca tips”di atas,,,tp skrng saya bingung apa saya harus menerima laki”yg membuat saya trauma,.tp jika saya menuruti kata hati saya sndri saya mau menerima dia krn rasa sayang saya tulus,,,tp jika ingat smua prlakuan dia saya sngt syok dan trauma….bagai mn pun dia suami saya susah dia susah saya jg saya mau menerima dia lg lw pun skrng susah,,,menurut kaka apa saya wanita yg bodoh,..mau menerima dan memaafkan laki”yg sudah menghancurkan hidup saya dan kluarga saya,…

      • sp0ngew4ter berkata:

        wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh
        saya salut loh sama Mbak Ussy, nggak semua wanita bisa melakukan itu, memaafkan kesalahan besar seseorang. bahkan saya sendiri pun belum tentu bisa melakukannya. jika mbak bisa berlapang dada, ikhlas memaafkan dia maka itu lebih baik. namun jika dengan kembali menerima dia akan membawa mudharat yg jauh lebih besar daripada berpisah dengannya, ada baiknya dipikirkan lagi untuk menerima dia kembali. mungkin akan lebih baik jika mbak “berkonsultasi” dengan-Nya lewat sholat istikharah, itu akan memantapkan hati mbak untuk membuat pilihan dan mengambil keputusan.

    • hendra berkata:

      trima kasih sudah menyadarkan saya…

    • firdaus berkata:

      saya trauma terhadap apa yng berlaku terhadap sya ,pada hri isnin bru-bru ni 31/3/2014 sya dikacau oleh seorang yng tidak sya kenali kemudian sya rasa ok kemudian pada hari ini 4/4/2014 seorang budak VICTORIA disamun oleh seorang budak yang kacau sya . tolong selesaikan masalah sye ini

  2. fied berkata:

    q stju bgt dengan hal tersebut, kita analisa dulu apa penyebab trauma tersebyt, kdg trauma disebabkn hal ynag membuat kita cemas yang tejd berulang2, dengan begitu waktu jg yang bs memupuskan rasa trauma tersebut, dengan cara cr kesibukan lainnya, hal kedua jika trauma tersebut

    • sp0ngew4ter berkata:

      trauma gak bakal ilang kalau kita gak menghilangkannya
      jadi itu adalah pilihan, stay with it or leave it
      :)

  3. Yusuf berkata:

    Sangat.. Bgs tips ny karena trauma bisa membunuh pikiran jika tidak di atasi

  4. rahman berkata:

    setiap kali membayangkan dan melihat orang yang menyakiti saya. saya selalu merasa sedih, karena orang tersebut adalah ayahku sendiri. semoga tips dari kamu bisa saya terapkan jika saya lagi dalam keadaan sedih. thank’s wassalam

    • sp0ngew4ter berkata:

      amin allahuma amin :)
      kembalikan semua rasa sedih dan marah pada-Nya,,,,insya Allah semua kesedihan dan kemarahan itu akan terkontrol

  5. ott berkata:

    nice tips…

  6. luna berkata:

    stelah trauma, sy prnah brada dlm kestabilan dan ketenangan.
    Saat ini sy trauma lg.
    Bagaimana ini?
    Ktika sy mmbc tips anda, pkirn sy mlayang mmbygkn saat sy dulu mlakukn hal yg sama dg tips itu. Sy srg kli mengingt2 ms lalu. Apa ini baik?? Mhon di jawab . .

    • sp0ngew4ter berkata:

      hhmm,,,emang kadang sulit ketika permasalahannya menyangkut masa lalu yg sering kali membuat mental kita down. Seperti buah simalakama,,,dilupakan nggak bisa…diingat malah bikin sakit. ketika anda ingat itu,,,tarik nafas dan hembuskan perlahan. masa lalu tidak usah diingat,,,tapi tidak usah dilupakan juga…biarkan semuanya berlalu. saya bisa,,,dan saya yakin anda pasti bisa juga :)
      Kadang saya pribadi juga mengalami hal yg sama dengan apa yg anda alami, tapi yg saya lakukan kemudian adalah ber-positif thingking pada DIA yg memberi saya hidup. Apa yg kita alami dulu,,,ambil pelajarannya agar tidak mengulangi kesalahan yg sama. Bahwa itu adalah sebagai sebuah proses belajar yg diajarkan DIA untuk menempa diri kita agar lebih kuat. Mengajarkan pada kita bagaimana caranya ikhlas pada apa yg terjadi karena apa yg terjadi bukanlah atas kehendak kita,,,tapi kehendak-NYA lah yg terjadi.
      Toh, Allah udah berkata (saya lupa surah dan ayatnya)….yg pasti Allah tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hamba-Nya :)

      semoga Allah selalu memberkahi anda :)

  7. G berkata:

    bicara kadang lebih mudah ukhti, tapi meakukannya sepertinya berat sekali

  8. i berkata:

    sista….makasih tipsnya..tp terkadang jika kita mengingatnya atau bertemu dengan peristiwa itu..membuat aku tetap menangis dan menyalahkan kebodohan ku…merasa hina,

    • sp0ngew4ter berkata:

      ya siapapun kalau lagi ingat masa lalu pasti akan bersikap seperti itu. tapi…life must go on. lagipula kalau nggak ada masa lalu, gak mungkin kita bisa menjadi seperti sekarang ini. cukup masa lalu itu sebagai cermin dan alarm agar tidak terulang lagi. awalnya memang susah dan kesannya teoritik sekali, tapi kalau buat saya pribadi…selama mau berusaha pasti akan ada jalan. Allah selalu bersama kita :)

      semoga semuanya jadi lebih baik untukmu, saudariku :)

  9. Ryan berkata:

    Sy pernah di palakin ma senior saya,trus saya gak kasi.trus dia pukul saya.saya tdk mbalas krn dia banyak… Nah,ketika giliran saya yg jdi senior, sempat terlintas untuk balas dendam ke junior saya….tlong solusinya,gimana cara menghilangkan trauma itu?
    Sebab, peristiwa itu menggangu…
    Bagaimana caranya melupakan peristiwa itu ??
    Mohon jawabannya.
    Trims

    • sp0ngew4ter berkata:

      hhmm….susah sih ngilangin trauma. ujung2nya pasti ntar akan jadi pemicu yg menyebabkan kita bertindak seperti apa yg pernah orang lakukan sama kita, akhirnya menyulut dendam yg menuntut harus kita lampiaskan. manusia memang punya nafsu dan nafsu itu susah buat dikendalikan. tapi balik lagi kalau manusia juga punya akal buat berpikir, buat menimbang mana yg baik & mana yg nggak baik. kalau pada akhirnya kita melakukan hal yg sama dengan apa yg pernah orang lain lakukan sama kita, apa bedanya kita dengan mereka??
      lagipula manusia itu punya iman, punya Allah. siapa yg dekat dengan Allah, akan bisa mengendalikan nafsunya, amarahnya, dendamnya. memang terdengar sepertinya saya hanya berteori dan cuma pinter ngomong saja, tapi sekali lagi…saya bisa bicara karena saya pernah mengalami hal yg tidak mengenakkan walaupun dalam kasus yg berbeda.
      semua manusia punya masalah, tapi kalaupun kita balas dendam…emang masalahnya selesai? apa trauma itu akan hilang? saya rasa jawabannya adalah tidak :)
      peristiwa buruk yg pernah terjadi nggak perlu diingat, nggak perlu dilupakan. biarkan saja berlalu. jangan diingat kalau emang udah nggak ingat, tapi kalau ingat…ingatlah Allah.
      mulailah dengan memaafkan diri sendiri, kemudian maafkan orang2 yg udah melakukan hal itu sama kita. dan ikhlas :)

      wallahualam

      *semoga Allah selalu melindungi dan menjagamu. amin.

  10. amelia humairah berkata:

    aku saat ini benar2 trauma gara2 temen ku jatuh dari motor gara2 dia gak pegangan aku gak enak ma keluarga,warga sekitarnya aku takut di cap jelek…..trus gimana dungzzz?????//?

    • sp0ngew4ter berkata:

      kalau dilihat dari cerita singkatnya sih, salah juga karena ketika dibonceng gak pegangan. tapi kalau dirunut, orang yg kita bonceng bisa jatuh…apa iya kita bawa motornya pelan??? jangan2 malah terlalu cepat, atau ngerem mendadak sampai2 orang yg kita bonceng jatuh. patut dipertanyakan.
      jangan menyalahkan diri sendiri. kalau merasa salah, ya segeralah minta maaf. ntar lain kali jangan diulangin lagi. mesti hati2 juga. apalagi UU lalu lintas jalan yg baru lumayan ketat tu peraturannya :)

      jangan trauma lagi ya :)

  11. ami prawoto berkata:

    tips yang bagus, kembangkan lagi yah…

  12. orang trauma berkata:

    saya tidak sependapat dengan tips Anda pada no.1. Analis
    Menurut saya, namanya juga orang trauma ingin melupakan masa lalu, masa di suruh mengingat-ingat lagi dengan menganalisa. bukannya MELUPAKKNYA DAN MEMBUANGNYA ALIAS JANGAN MENGINGAT-INGATNYA LAGI, kalo kita mengingat-ingatnya lagi, BISA TAMBAH GILA!!

    jangan pake tips yang no.1 itu, itu tips gak sehat, gak efektif dan gak cerdas, mendingakn LUPAKAN dan JANGAN INGAT SEDIKITPUN!!

    • sp0ngew4ter berkata:

      :)

      kalau menurut saya sih nggak segampang itu melupakan atau pun membuang hal2 yg udah pernah terjadi. kalau tidak dicari penyebabnya, saya rasa juga tidak mungkin bisa menemukan cara yg tepat untuk meng-handle suatu masalah. dan penekanan Anda pada kata2 yg menggunakan caps lock itu, I appreciate it…karena setiap orang punya cara sendiri untuk menyelesaikan masalahnya, untuk menghilangkan traumanya.

      yg ada di sini kan cara saya, menurut saya…jadi wajarlah kalau berbeda dengan Anda.

      karena tips saya yang no.1 itu tidak cerdas, sebagai orang yang cerdas…Anda tentu bisa memberikan solusi lain dengan cara tidak mengingat :)

      yahh…orang yang cerdas pasti bisa memberi solusi yg cerdas pula. dan saya harap solusi Anda dengan MELUPAKAN dan JANGAN INGAT SEDIKITPUN, bisa menjadi tips Anda yang terbaik dan terampuh untuk menyembuhkan trauma Anda. Anda tentunya lebih berpengalaman daripada saya :)

      syukron buat tipsnya :)

  13. razbie berkata:

    Aslm..
    Artikelnya bagus dan selalu mengingatkan kita pada Allah. Benar juga, Allah tidak pernah memberi kita trauma, tapi kita harus menyikapi suatu kejadian yang buruk dengan tanda sayangnya Allah sama kita..
    Semoga kita dapat memetik hikmah dari semua kejadian dan semoga kita dapat menerima takdirnya Allah… amiieenn..

    • sp0ngew4ter berkata:

      Wa’alaikumussalam

      Sependapat dengan antum. Lagipula Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan hamba-Nya dan pastinya kita akan tetap terkungkung dengan trauma apabila kita tidak menanganinya dengan tepat. Selain itu, setiap orang punya cara masing2 dan berbeda dalam menangani traumanya…disini adalah menurut saya, tapi belum tentu menurut orang lain juga demikian (seperti komentar sebelumnya) :)

      syukron buat komentarnya yg sudah turut mengingatkan :)

  14. dian ummu afif berkata:

    assalamu’alaykum.. tips nya buagus banget.. ana jg pny trauma masa lalu yg smpai skr kdang msh teringat..insyaAllah smua tips d ats udh ana lakukan tp mengapa y smpai skr ana msh blm bs membuka diri????!!

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam warohmatullah wb

      mungkin bukan belum bisa membuka diri, tapi kalau semuanya hanya sekedar keinginan untuk membuka diri apalah gunanya?? berangkat dari niat yg lurus dan tekad yg bulat, berusaha, berdoa dan tawakal. jangan lupa, Allah memainkan perannya disini.
      inget loh, Allah itu nggak pernah ngasih trauma ke hambaNya. hanya kita2 saja yg menyikapinya dengan berlebihan sampai akhirnya menjadi trauma :)

      semua pasti bisa asalkan dicoba ;)

      syukron ya sista udah berkunjung, semoga bisa membantu dan semoga bisa segera membuka diri :)

  15. bagus berkata:

    matur nuwun buat tipsnya, anda orang yang hebat !!

    saya juga suka dengan cara anda menjawab comment-comment yang ada, salut buat anda, semoga Allah merahmati langkah anda…

    • sp0ngew4ter berkata:

      assalamu’alaikum mas bagus……salam kenal dari saya :)

      saya juga masih belajar kok, sama seperti yg lain. jadi masih banyak kekurangan disana-sini, mohon dibantu juga :) semoga tipsnya bermanfaat dan bisa membantu, tapi ini menurut saya lho…jadi sifatnya sangat subyektif sekali ;)

      matur nuwun juga buat kunjungannya, amin dan jazakallahu buat doanya :) semoga Allah selalu melindungi Anda dan memberkahi Anda beserta keluarga :)

  16. wawan kurniawan berkata:

    assalammualaikum wr.wb.saya punya masa lalu yang kurang menyenangkan.
    msa lalu saya tertekan d saat saya berumur 13 thn yaitu dikala saya sedang bergaul dengan teman2.saya selalu perhatikan oleh ortu saya.d perhatikan yang terlalu berlebihan.jadi gmana yach cara menghilangkan rasa trauma yang slalu ada di benak saya????????????

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam warohmatullah wb.

      salam ukhuwah dari saya mas wawan :)

      umur 13 th yah?? umur2 segitu memang rawan kalau dalam hal pergaulan dan masih dalam tahap pencarian jati diri. mungkin orang tua mas wawan waktu itu melihat bahwa lingkungan pergaulan di sekitar tempat tinggal mas kurang kondusif dan bisa memberi pengaruh negatif pada perkembangan diri mas, makanya orang tua mas getol ngawasin mas >>> tapi dalam pikiran mas yg ada adalah, orang tua yg over protected terhadap anaknya <<<

      masa iya karena diperhatikan orang tua jadinya malah trauma, mas?? harusnya bersyukur karena orang tua masih care sama mas, banyak lho di luar sana anak2 yg nggak dapet perhatian & perlindungan dari orang tuanya, yg harus berjuang untuk menyeleksi pergaulannya secara total.

      hal seperti ini jangan dianggap sebagai sesuatu yg men-trauma-kan. tapi lihatlah dari sisi positifnya. betul, orang tua bisa berlebihan dalam bersikap pada anaknya…itu tidak lain karena rasa sayang mereka pada anaknya. ada baiknya kalau memaafkan orang tua, kondisi, dan diri sendiri supaya tidak ada situasi yg saling menyalahkan. biar bagaimana pun juga, orang tua itu wajib untuk kita hormati dan menjaga hubungan baik dengan orang tua itu harus. menegurnya pun harus dengan cara yg baik.

      mas, jangan lupa bersyukur karena orang tua mas care banget sama mas (hanya mungkin caranya saja yg salah). saya yakin, sekarang mas wawan pasti bisa berpikir dengan lebih bijak dalam menyikapi setiap permasalahan yg ada. keep semangat & keep smiling, mas :)

      *mohon maaf kalau jawaban saya nggak berkenaan pada mas.

      wassalamu'alaikum warohmatullah wb.

  17. farah berkata:

    Thx bnyk tips nya,mudah2 bermanfaat bagi saya…insya4JJ saya bisa melakukanya dngn baik sehingga saya tidk lgi mengalami trauma msa lalu saya..

    • sp0ngew4ter berkata:

      sama2, mbak. mudah2an tips2nya bisa membantu. tapi sekali lagi, tips2 ini sifatnya sangat subyektif sekali…tapi Insya Allah tujuannya sama kok :)

      *perbanyak syukur pada-Nya supaya semuanya terasa ringan

      • zia berkata:

        Aku lagi mengalami hal2 buruk skrg,dan jujur aja itu sgt2 mengganggu pikiran ku,,udah coba bbrp cara, sholat malam + berdoa + membaca terapi emoheal + konsultasi dgn guru spiritual(tp guru spiritual tdk bs sering2,krn beliau ada di semarang dan itu hanya by phone), skrg saya butuh orang2 ϔα̲̅Ωĝ netral untuk,istilahnya,saya curhatin.karena saya butuh teman2 untuk sharing,,bagaimana?ada ϔα̲̅Ωĝ bersedia?

  18. viana berkata:

    Iya…
    Trauma saya sudah 1 th tidak hilang2. Setiap mau tdr, pas berdoa menjelang pasti saya meneteskan air mata. Saya trauma karena, saya sebagai istri tidak pernah d anggap dengan suami. Yah.. q d nasehati ortu. Stiap manusia punya takdir sendiri. Skrg q brusaha melupakan, tp tidak mau menjalin hubungan lagi dengan yg namanya laki2.

    • sp0ngew4ter berkata:

      :)
      kalau tiba2 Allah kasih mbak jodoh bagaimana?? nggak semua laki2 lho mbak… ;)
      tapi itu semua balik ke diri kita, memilih untuk stagnan or move on. Allah tidak akan merubah keadaan kita kalau kita nggak berusaha untuk merubahnya.
      sabar, sist…. :)

      semoga mendapatkan jodoh yg terbaik menurut Allah dan jangan nangis lagi, mbak :) (hidup untuk dirimu dan buah hatimu)

  19. Handri berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb, saya mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, waktu itu saya sedang sholat jum’at di masjid, tiba2 angin menyesak ke dada hingga saya merasa pusing, lemah, dan susah napas. Itu memang penyakit yg slama ini saya derita, tp kali ini kambuhnya dlm keadaan saya sedang sholat, situasi dimana saya tidak mungkin baring dan bersuara memanggil bantuan sebagaimana biasa saat saya kambuh. Jadi, hingga kini saya trauma dan merasa takut untuk sholat berjama’ah dimasjid, Bahkan saya skrg juga takut dan ngeri bila berada diluar rumah. Saya ga habis fikir, knapa saya bisa mengalami trauma dan penurunan mental seperti ini. Kira2 apa yg saya alami ini? Dan langkah apa yg harus saya jalani supaya bisa kembali melaksanakan ibadah di masjid dan aktivitas sehari2 dgn tenang? Atas sarannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh, mas Handri…salam kenal & salam ukhuwah dari saya :)

      hehehe…saya bukan psikolog atau pakar qur’an & hadits, jadi mohon maaf kalau jawaban saya nantinya akan tidak memuaskan mas Handri.

      bukankah kita mempunyai Allah yang Maha? bukankah manusia diciptakan salah satunya untuk beribadah pada-Nya? bukankah yang menentukan hidup & mati atas diri seorang makhluk adalah Allah juga? Dia yang Maha Menjaga, Dia yang menghidupkan, Dia pula yang mematikan. Dia yang memberi sakit, Dia juga yang menyembuhkan.

      mengapa tidak menjadikan penyakit yg kita derita sebagai suatu cambuk untuk mendekatkan diri pada-Nya? Allah menguji hamba-Nya bukan hanya lewat kesenangan tapi juga dengan penyakit dan kesusahan, mudah2an dengan adanya penyakit itu bisa menjadi penggugur dosa2 kita …selama kita mau bersabar.

      mas Handri, kalau buat saya…tidaklah perlu trauma pada hal2 yg sebenarnya hak mutlak Allah. serahkan semuanya kepada Allah, Allah nggak pernah ngasih trauma ke kita, jadi beraktivitaslah seperti biasa. ganjaran pahala buat hamba-Nya yg beramal soleh itu besar lho, mas…sayang disia2kan begitu aja. bacalah kisah para nabi dan rasul-Nya…juga para sahabat. tadabburi firman-Nya…Insya Allah hati menjadi tenang.

      kalau mas ingin beraktivitas, ya beraktivitaslah seperti biasa. pengen sholat di masjid ya sholatlah di masjid. serahkan diri dan penjagaan diri kita pada-Nya, nggak perlu khawatir & ragu :)

      semoga Allah mengembalikan semangatmu untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. amin.

  20. peluang bisnis berkata:

    bagus tipsnya. Alhamdulillah sy blm pernah trauma

    • sp0ngew4ter berkata:

      terima kasih buat pujiannya, pak ^_^ (jadi nggak enak :D)

      mau ditambahin lagi tips-nya juga bisa. yg pake terapi hipnosis itu…sepertinya bagus tu sebagai langkah konkrit yg bisa dicoba.

      bagi yg mau…bisa menghubungi pak ustadz langsung kan yah?? ;)

  21. el zahwa berkata:

    sebenernya bukan sayang yang traumaan, tapi suami sayang,,
    dulu ketika kita masih tunangan, saya pernah 1x ketemuan dengan mantan saya, tadi dengan seiringnya waktu saya mengatakan pada suami syang kalo kita pernah ketemuan, sejak kejujuran saya, setiap ada masalah kecil suami saya selalu membawa2 kejadian itu, pada hal itu sudah berbula2 berlalu..
    saya harus bagaimana menghadapi suami saya yang seperti ini???
    dan apa saja tips yang dapat saya lakukan untuk menghilangkan trauma itu pada suami saya,,,
    mhon bantuaanya,,,,
    menyangkut rumah tangga kami

    • sp0ngew4ter berkata:

      waduhh…saya bukan pakar rumah tangga ni, mbak :)
      tapi kalau boleh saya sarankan, ada baiknya mbak menjelaskan ke suami kalau mbak sangat menghormati dia dan karena itulah maka mbak berbicara jujur. sebaiknya kepercayaan yg sudah dikasih sama suami mbak (atau dari siapapun) itu jangan mbak sia-siakan, nggak gampang menjadi orang yg dipercaya.

      mungkin untuk ke depannya, mbak lebih menjaga diri untuk tidak bertemu dengan yg bukan mahram tanpa seizin suami (kalau bisa malah harus didampingi suami). pertemuan yg membawa banyak mudharat untuk mbak & kehidupan rumah tangga mbak sebaiknya dihindari saja karena sebaik2 istri adalah yg menjaga kepercayaan suaminya & menjaga kehormatan dirinya. wallahu’alam.

      saya rasa hanya itu yg bisa saya jawab, mohon maaf apabila tidak memuaskan mbak :) semoga Allah memberkahi rumah tangga mbak. amin.

  22. rasyha fadhilah berkata:

    gimana cara menghilangkan trauma yang sejak balita hingg sekarang susah untuk di hilangkan ???

    • sp0ngew4ter berkata:

      balita??? trauma seperti apa??
      maaf, saya tidak bisa memberi saran karena saya tidak tau apa masalahnya. saran itu tergantung dari permasalahannya apa, mbak. sekali lagi maaf :)

  23. icha berkata:

    npa ea w mski dh llakuin saran2 v ttp z mch g bz lupa’n semua yg menimpa w dlu
    mgkn krna trllu PAHIT’a x ea ? ? ?
    trz w hrz ky gmn ? ? ?

    • sp0ngew4ter berkata:

      gak ada penyebab trauma yg enak, semuanya pasti pahit. semuanya balik ke diri kita masing2, kalau ingin keluar dari trauma maka harus move on, jangan hanya meratapi nasib atau menangis selalu karena teringat itu. memang tidak bisa lupa, tapi jadikan itu sebagai pelajaran berharga supaya nggak terulang lagi.

      semoga mbak icha bisa selalu move on ^_^

  24. ian berkata:

    gx bisa cra yang kamu kasih

    • sp0ngew4ter berkata:

      karena ini adalah versi saya sehingga sifatnya relatif, dan apa yg menurut saya bisa belum tentu bisa cocok orang lain. tapi setidaknya saya berusaha menyampaikan bahwa segala sesuatu itu perlu proses sekalipun itu sulit, tapi bukan berarti tidak bisa selama kita mau berusaha. sisanya…serahkan pada Allah ^_^

      semoga mas ian bisa terlepas & menikmati nikmat-Nya ^_^

  25. untung pal 7 berkata:

    saya baru berumah tangga emang sih bukan yang pertama, mungkin cerita masa lalu kami berdua kurang begitu bagus, istri baru saya banyak menerima perlakuan kasar dari mantan suaminya dulu, disaat kami bertengkar,dan saya mulai geram tiba-tiba istri saya mendadak seolah tidak mengenali saya,karna merasa sangat ketakutan seolah olah dia seakan mau dibunuh padahal saya tidak menyentuh badanya secuilpun,kalo boleh saya minta saranya,Trims..

    • sp0ngew4ter berkata:

      ehmm….mungkin karena perlakuan mantan suami beliau yg membuat istri bapak sampai seperti itu.

      apabila istri berbuat sesuatu yg kurang berkenaan di hati bapak, usahakan untuk menegurnya dan memberi pengertian padanya. tahanlah murka bapak. memang dalam rumah tangga itu ada riak2 hidup yang tidak dapat dihindari namun dapat disikapi dengan saling pengertian. jika bertengkar dapat menyelesaikan masalah, maka bapak ladeni saja pertengkaran itu. tetapi jika hanya membawa banyak mudharat untuk bapak dan istri bapak, ada baiknya bapak coba menahan diri untuk tidak meladeni amarah istri.

      di lain waktu, ketika keadaan tenang dan santai…bicaralah padanya dari hati ke hati dengan lembut. berikan pengertian padanya bahwa bapak tidak ingin berbuat kasar padanya (tapi jangan cuma omong doang, pak ^_^) dan ajak ia untuk lebih dapat menahan diri agar tidak tersulut emosi karena permasalahan2 kecil. jangan lupa diajak sholat dan lebih mendekatkan diri pada Allah, karena hanya dengan mengingat-Nya hati menjadi tenang. ketika tenang maka semua bisa dicarikan jalan keluarnya.

      mudah2an Allah selalu merahmati bapak dan istri, serta rumah tangga Anda berdua. amin. ^_^

  26. sherena berkata:

    mirip dengan mba el zahwa, tapi ini posisinya terbalik..
    kalo qta trauma dengan masa lalu orang lain yang sangat dekat dengan kita, katakanlah itu pasangan hidup kita, dan sejujurnya itu sangat mengganggu dan menyakiti perasaan kita (karena berkaitan dengan keberlangsungan pernikahan kita), apa yang harus kita lakukan? karena usaha untuk saling menerima dan mengerti posisi masing2 sudah selalu dilakukan, tapi tetap saja ketika ada sesuatu yang mengingatkan saya tentang hal tsb, rasanya sangat sakit dan marah

    • sp0ngew4ter berkata:

      mbak sherena yang dirahmati Allah, wajar kalau kita merasa sakit & marah pada suatu waktu. tetapi sampai hari ini, apakah ketakutan itu terbukti? jika memang pasangan kita sudah berusaha dan memperbaiki keadaan, mengapa kita tidak berusaha juga untuk mengingat segala kebaikan dari pasangan kita?

      menikah itu memiliki konsekuensi termasuk untuk menghadapi hal terburuk yg dapat menyakiti perasaan kita. tapi ingatlah Allah karena kita tidak pernah sendiri dan apapun yg terjadi pada diri kita itu sudah tertulis dalam Lauhul Mahfuz. menikah merupakan satu jalan untuk menyelaraskan perbedaan mencolok satu sama lain. ajaklah pasangan mbak untuk bicara dengan lembut, utarakan bahwa mbak takut dengan masa lalunya yg terus membayangi bahkan mbak takutkan akan terulang dalam pernikahan mbak. saya rasa dengan bertukar pikir (curhat) dengan pasangan akan lebih mudah untuk menghadapi semuanya bersama. Rezeki, jodoh, maut adalah rahasia Allah. jadi kapanpun semua itu dimulai dan akan diakhiri-Nya, kita harus siap.

      semoga mbak dan keluarga diberkahi Allah dan semoga rumah tangganya barokah. amin. ^_^

  27. sherena berkata:

    amin..
    terima kasih mba atas sarannya, alhamdulillah jadi sedikit lebih lega

    • sp0ngew4ter berkata:

      alhamdulillah kalau mbak jadi lebih lega. mungkin memang tidak banyak membantu, tapi jangan pernah berputus asa, mbak ^_^

  28. Ziie kicliex berkata:

    syah trauma sma masa lalu yx membuat seisi skolah sya tahu sifat sya..
    sya malu skali dgn itu..
    sya merasa orlan jdi slalu berfikir n beranggpn jelek sma sya..
    shingga membuat sya minder,,dan sering melamun !!!
    bahkan mungkn strez..
    stiap sya ingat sya pgen nagis,dan sya prnah coba bnuh dri 3x..
    mohon solusi.a

  29. Kicliex berkata:

    sya strez..dlu sya pnya msalh,,yx trnyata msalah itu dktahui seisi skolah sya..
    sya malu bgt gx kruan,,amp sya gx pernah n gx mw brada d kramaian org”..
    krna ta”pan org” itu jdi jelek k sya,,mreka jdi branggpn jelek n berpandgan murahn m sya..
    sya benci,,pdhl mslah itu gx sburuk yx mreka kira,,tpi pndgan tu brlanjt,ampe org” byx yx enggan ngbrol m sya,,itu kjadian yx gx pernah sya lupain sampe skrg,,
    dlu sy sring dpanggl BP dri awl dpet mslh itu,,n truz”an jdi brklanjutn..knpa mreka branggpn kl sya gkn prnah brubah.? sy jga bsa tpi btuh proses,krna gx smudah ngbalkn tlapak tgan donx..cukup sakit hti bgt,ampe stu hri sya coba bunh dri,,konyol memang,,tpi sya sgt depresi dgn situasi sprti itu..
    amp skrg tiap ad kramain org,,sy slalu mnder n pgn cpt” prgi,n tiap d pggl BP msqpn gda msalah,,sya tegank n membwt sya jdi sring nglamun diam,murung n ujung” nglukain dri ndri..minta solusi donx

    • sp0ngew4ter berkata:

      ini sama kan dengan “Ziie kicliex”?? saya jawab disini aja ya, gak perlu dua2nya.

      sepertinya itu hanya menurut kicliex aja. manusia itu makhluk sosial dan perlu bersosialisasi, jadi apapun keadaan kita yg bikin kita minder, berusahalah untuk mengatasinya. setiap orang punya kelebihan yg bisa jadi tidak disadarinya, begitu juga dengan kicliex.
      tatapan orang2 yg menganggap kicliex jelek ya abaikan saja, kan kicliex bilang kalau itu semua tidak seperti yg mereka pikirkan. justru dengan tatapan jelek orang2 itu harus mampu membuat kicliex membuktikan diri dan eksistensi kamu di depan mereka semua. supaya mereka tahu kalau mereka selama ini tu salah.
      perbanyaklah berdoa, bergaullah dengan orang2 dan lingkungan yg baik yg bisa menambah tingkat keimanan kita, jadi orientasi hidup bukan hanya dunia saja tapi juga akhirat. kan kalimat “bunuh diri itu dosa” tentu udah jadi klise kan buat kicliex?? emangnya kalo bunuh diri semuanya akan selesai, gituh?? kamu salah. masalah dunia selesai tapi masalah dengan Allah belum selesai karena bunuh diri itu tadi.
      liat aja di luar sana, banyak yg masalahnya lebih berat dari kicliex tapi mereka mengembalikan semuanya pada Allah. lihatlah anak yatim piatu, tak ber-ibu dan tak ber-bapak. mereka mau ngadu sama siapa kecuali sama Allah. masih ada keluarga yg sayang sama kicliex dan pasti akan sedih kalo kamu pergi.

      jadi, hadapi saja hidup ini dengan optimis. bergaullah dengan orang2 yg selalu mendekatkan diri pada Allah. abaikan tatapan jelek orang2 itu. buktikan bahwa kamu tidak seperti itu. sayang banget kalau tubuh kamu itu yang sejatinya bisa kamu jaga, harus carut-marut karena kebodohan bunuh diri dan melukai diri sendiri.
      wallahu’alam.

      semoga Allah selalu merahmati kicliex. amin.

  30. harpew berkata:

    bhagus jg ch…tp gmn sh cara untuk menghilangkan rasa trauma itu..yng benar-benar hilang..minta tips nya don?

    • sp0ngew4ter berkata:

      hmm…kalau mau ilang sepenuhnya ya biarkan saja semuanya berlalu. anggap saja itu sebagai cara Allah untuk mendidik hamba-Nya…entah itu berupa ujian ataupun teguran. ambillah hikmahnya, karena Insya Allah ada banyak pelajaran dari-Nya yang bisa kita dapatkan.
      masih banyak orang2 yg lebih tidak beruntung dari kita, jadi berbaik sangkalah pada Allah dan kita bukanlah orang yg paling menderita di dunia karena ujian hidup para nabi Allah dan Rasulullah saw. jauh lebih berat dari kita.

      semangat yah ^_^

  31. sp0ngew4ter berkata:

    waduhh….saya dikira mbak sherena.

    >> ralat dikit ya, mbak…saya bukan mbak sherena. “sherena” itu salah satu pengunjung blog saya yg apa adanya ini :)

    __________________________________________________

    mbak yaya yg dirahmati Allah,
    mbak udah resmi cerai kan dengan mantan suami mbak itu? kalau “ya”, untuk apa takut dengan mantan suami mbak. mbak, sekarang banyak jalan untuk menjaga kemungkinan buruk yg terjadi. mbak bisa ke ke LSM yg menangani masalah perempuan & anak2, atau ke LBH, lapor ke polisi meminta perlindungan hukum. dan kalau mbak bersama suami mbak masih takut juga, ada baiknya mbak menjauh saja darinya. bukan melarikan diri dari masalah sih, hanya saja sebagai manusia kadangkala kita memang memerlukan rasa aman, terlebih untuk anak2 kita. tinggallah di tempat yg jauh dan putuskan semua kontak dengan mantan suami mbak dan juga teman2nya yg membawa banyak mudharat itu.

    selain itu, janganlah sampai mbak kembali ikut2an lagi untuk mengkonsumsi barang haram tersebut. kasihan tubuh mbak kalau terus2an dicekoki barang haram tersebut, sudah tersiksa di dunia…tidak ada jaminan kalau nanti tidak akan mendapat siksa dari Allah (na’udzubillah…semoga mbak selalu dilindungi Allah). kasihan anak2 mbak, kalau terus2an melihat ibunya tegang dan bermasalah. mereka butuh kedamaian dan ketenangan untuk menjaga kondisi kejiwaan mereka agar jangan sampai mereka turut melakukan hal2 yg tidak benar & dilarang agama. sepertinya akan lebih aman & baik kalau mbak sekolahkan anak2 mbak di pesantren yg mbak tau kualitas pembinaannya bagus. selain dapat ilmu formil, mereka juga akan dapat ilmu agama untuk bekal hidup mereka kelak. dan salah satu yg dapat menyelamatkan orang tua di akhirat nanti adalah anak2 yg soleh dan solehah ^_^

    mbak yaya yg dirahmati Allah,
    setelah menikah dan sah secara Islam, maka mbak mutlak milik suami. menolak ajakan suami adalah dosa karena wajib hukumnya bagi seorang istri untuk menerima ajakan suami…selain itu, itu merupakan salah satu sumber pahala dan ridhonya Allah atas seorang istri. betul, memang mbak akan dibayangi oleh kejadian2 itu…tapi lihatlah faktanya yg ada di depan mbak. beliau adalah suami mbak. dan pintu surga bagi seorang istri akan terbuka lebar ketika suaminya ridho padanya. jadi, mbak usahakan untuk menghapus bayangan2 itu dan bersikap realistis untuk melihat ke depan dan menghadapi yg sekarang.

    jangan takut, mbak. Allah selalu bersama hamba-Nya. berdoalah pada-Nya niscaya Allah akan memperkenankan sebagaimana janji-Nya. sebelumnya, ada baiknya mbak harus melakukan taubatan nasuha yaitu taubat dengan sebenar2nya, semurni2nya. meminta dengan lidah kita, menyesal dengan hati kita, menjaga tubuh dan juga anggota tubuh kita untuk tidak melakukan lagi perbuatan yg tidak diridhoi Allah, serta berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan yg telah lewat dan melaksanakan janji itu karena sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun.

    jadilah orang yg berani dan kuat untuk anak2 mbak, juga untuk rumah tangga mbak yg baru. dekatkan diri pada Allah dan ajaklah serta suami & anak2 mbak untuk lebih sering bersujud pada Allah. mudah2an Allah memudahkan dan membantu mbak dan keluarga menyelesaikan masalah ini. Sesungguhnya tiada daya dan upaya manusia melainkan atas pertolongan dan izin-Nya, maka mohonlah pertolongan pada Allah, berdoalah. wallahu’alam.

    semoga Allah selalu merahmati dan melindungi mbak yaya & keluarga ^_^

    • yaya berkata:

      Terima kasih sebelumnya dengan saran yang sudah anda berikan pada saya
      Ada yang ingin saya ceritakan lagi,pada hari yang Fitri ini saya memutuskan akan bersilah turahmi ke tempat keluarga suami saya,yang mana pernah saya ceritakan bahwa suami saya masih ada hubungan darah yang masih sangat dekat.(salah satu ortunya sepupu sekali dengan mantan suami saya.
      Saya datang dengan niat baik ,dimana pada waktu kami ingin menikah 4bulan yang lalu kami tdk memdapat restu sama sekali dan mereka bilang sampai kapanpun saya tdk akan merestui hubungan kalian (kami)dan pada waktu itu pernikahan kami batal dan kami tetap melangsungkan pernikahan itu tanpa ada restu dan tanpa di hadiri satu orang pun dr pihak suami.(karna mereka malu dengan saudara mereka yang lainnya anak mereka nikah dengan saya karna saya mantan saudara) saya pun sadar akan hal itu.
      tetapi tekap kami sudah bulat dengan segala resiko yang nantinya kami hadapi dan memang kami sudah rencanakan dari jauh hari bahwa kami akan pindah ke tempat yang lebih aman,biar tdk ada yang tau.
      Saya tdk menyangkan kalau mereka belum mengetahui hal ini padahal suami saya sudah 2 bulan tinggal di rumah saya,walau masih sering pulang ke rumahnya,saya di sambut sinis oleh saudara2nya bahkan adabeberapa saudaranya yang tdk mau bersalaman pada saya,karna mereka dengar kami sudah menikah,saya pergi sendiri karna suami saya sedang keluar kota,saya memohon pada Ibunya agar pernikahan kami ini di restui karna ini menyangkut rezeki dalam rumah tangga kami apabila tdk ada restu dr ortu.Salah seorang saudaranya langsung bilang ke Ibunya agar suami saya pergi dari rumah dan ibunya menyuruh saya meninggalkan anaknya dan menyuruh saya agar kembali ke mantan saya,
      Saya sangat kaget mereka bilang begitu,entah dari mana kekuatan dalam diri saya yang dimana saya bisa mengendalikan diri saya pada saat itu mendengar semua ucapan mereka,apakah APAKAH PERNIKAHAN SAYA INI SUATU AIB BAGI MEREKA? saya bilang pada mereka saya tdk akan pernah memutuskan pernikahan ini dan kembali ke mantan saya,karna niat saya menjalankan rumah tangga ini bukan niat ingin menmamfaatkan anak Ibu walau perbedaan usia kami 6thn saya lebih tua dari suami saya….
      sedang suami saya belum memberitahukan soal pernikahan kami ini pada keluarganya..saya sangat paham oleh keterkejutan mereka..Lalu saya hubungi suami saya dan dia pun sempat kaget oleh cerita saya ,saya bilang sampai kapan kita menyembunyikan hal ini dr keluarga kamu..? Dan akhirnya dia pun faham….
      mudah2 Allah cepat memberikan rezeki pd kami untuk pergi meninggalkan kota ini.
      Sungguh sedih saya sama sekali tdk di terima di keluarga suami saya,dan sampai kapanpun kami akan hidup dari keterasingan keluarga besar suami saya.
      Yang ingin saya tanyakan apakah saya salah datang dan meminta restu dr mertua saya..?
      Dan apa saya salah mengambil jalan hidup seperti ini…?
      sebelumnya banyak terima kasih sudah membaca surat saya ini .
      dan semoga tdk ada kejadian seperti ini yang menimpa pada orang lain.karna sungguh sedih apabila kita tdk mendapat restu dr salah satu pihak ortu kita.

      • sp0ngew4ter berkata:

        okey, mbak…semua udah diralat sesuai dengan permintaan. mohon maaf kalau saya lambat sekali menindaklanjutinya, karena saya sedang cuti lebaran jadi tidak memantau blog saya ini. dan beberapa komentar dari mbak sengaja tidak saya publish, sekali mohon maaf untuk keterlambatannya.

        dan terima kasih karena sudah meralat agar tidak menjadi fitnah, hanya saja lain kali mungkin mbak harus berhati2 ketika menuliskan sesuatu agar tidak ada yg tersinggung atau merasa terganggu dengan cerita dari mbak karena mbak yg tahu bagaimana keadaan sebenarnya.

        ____________

        yang bisa saya katakan adalah, apa yg mbak lakukan dengan bersilaturahim pada keluarga suami mbak saya rasa adalah tindakan yg bijak (kalau saya tidak salah menerima, mbak datang sendiri ya tanpa suami mbak? padahal akan lebih baik jika mbak dan suami yg silaturahim bersama2). tetaplah bersikap baik pada keluarga suami dan jangan putus berdoa supaya mereka lunak hatinya dan merestui pernikahan mbak. yaah….setidaknya mbak punya kewajiban untuk membuktikan pada keluarga suami mbak kalau mbak memang benar2 tulus menikah dengan suami mbak yg sekarang.

        perbanyak sabar dan berdoa, tetap berbuat baik pada keluarga suami. mudah2an dengan semua itu mereka bisa melihat ketulusan mbak dalam berumah tangga.

        semoga Allah selalu merahmati mbak dan keluarga. amin.

  32. yaya berkata:

    tambahan sedikit sponwater
    waktu itu tidak pernah ada yang sempat memmaanfaatkan saya ‘ maksud saya “seandainya “ada yg sampai meniduri saya ..itulah yang slalu teringat karna suami saya juga membantu saya pada saat saya kesulitan.Dan slalu terbayang dlam fikiran saya. ….saya ralat agar tidak memjadi fitnah.

  33. yaya berkata:

    ralat sedikit agar tdk menjadi FITNAH mereka yg mengharapkan imbalan itu tdk pernah terjadi,karna saya masih mengingat pada ke 4orang anak saya.”saya merasa trauma karna begitu teganya mereka itu..syukur Allah masih melindungi saya.

  34. lis wong deso berkata:

    Sarannya bagus banget…saya ibu rumah tangga pada saat hamil 6bln suami saya selingkuh dibelakang saya dan tak kunjung pulang kembali kerumah, hingga kini anak saya berusia 1.7 tahun anak saya tidak dapat melihat ayahnya…akhirnya kami pun memutuskan untuk bercerai…yang saya rasakan trauma berkepanjangan takut untuk membina rumah tangga lagi dg org lain…mohon solusinya agar mengurangi rasa sakit ini…terima kasih…

    • sp0ngew4ter berkata:

      mbak lis yang dirahmati Allah,

      terima kasih sebelumnya untuk pujiannya. hmm….rasa2nya memang tidak ada yg perlu ditakutkan untuk kembali membina rumah tangga yg baru dengan orang lain. kalau menurut saya, rasa sakit itu merupakan efek dari tidak bisa menerimanya diri kita ini atas apa yg sudah terjadi.

      mungkin ada baiknya, sebagai awal adalah mbak harus bisa menanamkan keikhlasan dalam diri mbak atas perceraian itu. kalau memang dalam rumah tangga banyak membawa mudharat, apa boleh buat…perceraian adalah jalan terakhir, walaupun tidak dipungkiri bahwa Allah tidak menyukai perbuatan ini.

      ke depannya, mbak bisa lebih berhati2 dalam menentukan pilihan. menyelami karakter seseorang itu penting sebelum pernikahan terjadi, dan ber-istikharah-lah sebelum memutuskan suatu perkara yg besar. janganlah putus berdoa agar diberi jodoh yg terbaik dan Allah ridhoi, buang saja rasa takut itu karena itu tidak beralasan sama sekali. hidup kita itu terus maju, bukan malah mundur atau diam di tempat. anak mbak juga pasti akan sangat memerlukan sosok & figur seorang ayah yg memang perannya tidak bisa sepenuhnya dimainkan oleh seorang ibu.

      jangan menyiksa diri, jangan menutup diri, biarkan semuanya menjadi pelajaran agar tidak terulang kesalahan yg sama, jadikan semuanya sebagai ladang pembelajaran dari Allah karena Allah akan menguji hamba-Nya setiap saat. ikhlaskan, jangan pernah putus berdoa, dan bukalah hati mbak untuk setiap kesempatan baik yg datang di depan mbak. jodoh, rezeki, maut adalah hak mutlak Allah. kita sebagai hamba-Nya masih bisa berdoa untuk diberi kebaikan di dunia & di akhirat. jangan lupa, mbak…terus tingkatkan kualitas diri sebagai seorang muslimah, perbaikan diri juga perlu lho.

      semoga sedikit saran ini bisa melegakan hati mbak, semoga Allah selalu melindungi mbak & anak mbak dan semoga mendapat pengganti yg jauh lebih baik yg sudah Allah siapkan untuk mbak.

      saya tunggu undangan pernikahannya ya, mbak ^_^

      • wanda berkata:

        bag.I
        syukur bisa brtemu dgn artikel ini,sblmX Q udah trapkn bbrp poin meski tdk terlalu sama persis but em smua ksembuhan sbenarx adl trgantung dari diri yg mengalami trauma itu sendiri.sngt BERHASIL MEMANG!

        simak pengalamanQ yg mbWtQ tdk /nah habis pikir bahkan saat mnulis ini aQ sedang dlm ksedihan yg mndlm.

        Singkat crita,aQ mengalami /ceraian pd /nikahan /tama krn suami ngga mw mandiri kluar dari rmh ortuQ n s4 aQ jdi musuh mreka(suami,ortux n ortuQ)krn aQ brontak mlihat ketdkadilan yg trjdi saat itu.

      • wanda berkata:

        bag.II
        …aQ sengaja dbiarkn hdp sendiri(kost n bkerja)smentara anak2Q tinggal dgn mreka.aQ trsesat dlm /gaulan ‘n ktika jatuh butuh /tolongan mreka masi tetap m/salahknQ sampai Q depresi dan dirawat diRSJ.masi dlm kondisi tak stabil aQ dibrangkatkn ke NTT tapi disana kluarga(tante n sepupuQ)mnjdiknQ virus yg brusaha mreka singkirkn dgn sgala sikap yg mbWtQ trpaksa hrs hdp pontang panting smpi dpt job mlm co2k dgn kondisiQ yg lagi STRESS but masi trkontrol krn aQ slalu bsa tanggulangi dgn brserah pd TUHANQ.

      • wanda berkata:

        dgn bekal sarjana n keahlian brkomunikasiQ(berkat TUHAN pdQ)aQ bisa mnarik /hatian pimpinan n jdi spesial ONE,sampe bertmu se2orang yg baik,/hatian n srius mwu nikah dgnQ.trsanjung n bahagia brlangsung sbentar aja(2thn).trnyata suami keduaQ lbih jahat dri yg /tama.apalagi saat bayiQ buah cinta dgn suami kedua mninggal 4 jam stelah lahir,kjahatan suami smakin mnjdi:hina,mukul,nipu,judi,mabuk n slalu mengaggumi bbrpa wanita seksi n langsig(tmanx,tmanQ bahkn yg tdk dikenal)dipuji2 dihdpnQ n hambur2 /hatiannya

      • wanda berkata:

        meski ada brapa kali komplain dan mau nyerah tapi lagi2 aQ bisa mnerima smua itu dgn 1 kyakinan TUHAN tdk /nah mninggalknQ,masa saat sabatang kara aja Q bisa lanjutkn kehdpanQ dan justru sudah ada yg nikahiQ dgn sah aQ mau nyerah?jadi dgn kterbatasanQ sbg wanita yg memang sudah lelah berlari dan tak tau mau kemana lagi,aQ diam n bertahan dngn sistem mengalah dgn harapan suami bisa tersentuh hatinya dan berubah baik.wkt mnjwb akhirx ortuQ dimdo mengirim tiket pulang krn aQ sudah tak bisa bertahan lagi…

      • wanda berkata:

        aQ tlah merahasiakn smua kebiasaan buruk suami: gaji tdk pnuh n sngat pelit utk k/luan n kbutuhanQ sbg wanita.perhiasan emas digadaikan dan ada juga yg katanya jatuh dan hilang.tabungan dibobol,uangQ dipenjem dan tdk /nah diganti dan tdk /nah mberikn gajix pdQ.ngutang dimana2,judi,mabuk dan kasari aQ.tapi aQ tetap cinta dia sampe detik ini.skrg aQ bingung krn ortu sponsori aQ utk balikn dgn suami /tama yg masi mau mnerimaQ demi anak2.sungguh sangat mbulet n rumit namun aQ masi brharap dijemput suami keduaQ.

      • wanda berkata:

        aQ pamit baik2 di suamiQ beberapa hari yg lalu dgn alasan mau mberikn dia wkt brpikir utk 1 keputusan apakah dia masi ingin bersama atau tidak spy aQ juga tdk terlalu lama disia2kan krn Qpikir utk apa lanjut jika dia tdk mencintaiQ.jelas2 dia nikahi aQ krn 1 faktor yg bisa mberikn status bwt dia mendpt fasilitas pinjaman potong gaji dgn alasan nikah pdahal wkt nikah ortux yg danai smuax.klihatanx dy snang dgn brangkatx aQ krn mlm stelahQ brangkat dy langsung lanjutkn hobi mabuk n judix(info dri iparQ)

  35. eyyi berkata:

    waaah aku trauma karna melihat gambar2 penyiksaan d pnajara irak tuh low mbak,rasanya down banget padahal aku cuma lihat,,tapi gak bisa ngebayangin sesadis itu kejadiannya…aku down karena tak bisa berbuat apa2 sebagai saudara mereka yang disiksa…apakah dengan mendokan mereka sudah cukup membantu?aku merasa kalau aku orang biasa dan tak alim jdi underestimate dengan doaku..semoga Allah mendengar doa orang sepertiku..tapi aku jadi deg-deagn kalo teringat gambar-gambar itu…gmn donk?

    • sp0ngew4ter berkata:

      gambar2nya jangan diliat lagi, mbak. atau nggak, pas mbak lagi inget sama gambar2 itu segera lakukan kegiatan lain untuk mengalihkan pikiran mbak ke hal lain. diterima atau tidaknya doa kita, wallahu’alam…yang penting kita mendoakan saudara2 kita dengan niat yg bersih ^_^

  36. Aura Esha berkata:

    Ass,,,,tlng bantuan,,Sy prnah mnjalani hubungan dngn Seseorang,,,dia sngt brarti dlm hdp sy,,smp pda akhirnya dngn jlnmya waktu akhrny kita harus berpish,,,dngn Catatan dia berjnji akn Kembli dlm kurung waktu 3-4 thun….slm itu Sy hrus Setia!!!… Semua tlh brlalu,,,Setia sy Menungu nya dia tk kunjung datang….Akrnya Sy pun Menikah dngn plihan Ortu sy,,,.Slm pernikahn Rumah Tangga Sy slu d’bayangi oleh masa lalu bersama nya…Perasaan Sy tetap sma dan msh sngat mengharapkan nya…Suatu ketika Dia datang untuk penuhi janji nya walau semua tlh terlambat…Kt jlni hbngn smbunyi2,,,Kini dia pun tlah pergi lagi tingglkan luka untuk k2 kalix… Untung Suami Sy Penyabar dngn sgala Tingkh laku Sy….tolonh jalan keluar nya Bagaimana Sy bs Keluar dar Permasalahan ini????? Makasih banyak….

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam wr. wb.

      Mbak Aura, jalan keluarnya cuma satu. jauhi dan tinggalkan mantan mbak Aura karena dia bukan suami mbak. jadilah istri yg baik untuk suami mbak yg sekarang, karena pada saat akad nikah, mbak sudah mengikat janji utk menjadi istri dan memenuhi kewajiban sebagai istri serta menunaikan hak suami.

      lagipula buat apa mbak masih ngeladeni orang yg jelas2 tidak punya niat baik sama mbak. kalau mantan mbak berniat baik, maka dia akan menjaga silaturahim sebatas apa adanya bukan malah mengajak mbak untuk berhubungan dengan sembunyi2, jadi jangan diladeni mbak. kalau alasan mbak karena masih cinta, maka cinta itu bukan jaminan akan dapat surga malah bisa2 akan membawa ke neraka (na’udzubillah).

      jangan lupa bertaubat dan meminta maaf pada suami, dan menjadi seorang istri adalah ladang pahala apabila ia mampu melaksanakan kewajibannya dan menunaikan hak suaminya, termasuk juga untuk tidak khianat. wallahu’alam.

      semoga Allah melindungi mbak dan keluarga. amin.

  37. boy berkata:

    assalamualaikum wr wb,
    sya pernah mengalami kejadian meledaknya mesin pesawat sedang diudara, semua panik dan stress termasuk sya.., sampai saat ini sya masih teringat.
    dan sya hingga saat ini masih takut naik pesawat, bagaimana cara saya mengatasinya
    mohon jawabannya

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam wr. wb.

      hidup dan mati itu adalah rahasia Allah dan kematian akan terjadi dengan pasti sekalipun kita sembunyi di dalam sebuah benteng yg kokoh. jadi tentang perkara hidup dan mati, sebagai hambaNya yang beriman, hendaknya kita tawakal dan mempersiapkan bekal amal, jangan merasa cukup dengan amal yg kita punya.

      kalau naik pesawat, Bismillahi tawwakkaltu alallahu…bertawakal kepada Allah selama dalam perjalanan. dan jangan lupa untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah karena Dia yang Maha Kuasa. wallahu’alam.

      semoga Allah selalu melindungi dan memberkahi mas boy. amin.

      wassalamu’alaikum wr. wb.

  38. indra berkata:

    ass..
    wah bener2 penceran yg mantap, begitu sulitnya keluar dari trauma yg berkepanjangan.. sampai sekarang pun gw belum sembuh total dari kejadian masa lalu yg sangat menyakitkan, tapi gw yakin semua pasti ada jawabanya…

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh

      alhamdulillah. semoga mas indra segera dihilangkan traumanya, Insya Allah semua akan ada balasan serta perhitungan di sisi-Nya. jangan putus berdoa dan jangan berputus asa dari rahmat Allah. good luck ^_^

  39. Dewy berkata:

    Perasaan trauma !!!!!…pasti semua orang pernah mengalaminya….tinggal gimana kita bisa mengalahkan perasaan itu…memang butuh waktu untuk mengalahkan perasaan itu selama kita berdoa dan percaya disekitar kita masih banyak yang peduli terhdap kita insya allah perasan itu akan hilang dengan berjalannya waktu…

    dan segala sesuatu kejadian psti ada hikmah yang dapat kita jadikan pelajar agar tidak terjadi lg dalam kehidupan kita yang mendatang…. allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan hamba_Nya… allah bakal mencarikan sesuatu yang terbaik diantara yang terbaik untuk kita…. percaya dan yakinilah…..^_^

  40. winday berkata:

    tipsnya bagus..
    tp sprtinya, tetep aja ga mudah.. prosesnya cukup panjang deh kayaknya..
    tp, semoga bisa cepet ilang trauma saya. capek jg klo trs trkurung dlm trauma ini..
    tp rasa takut ini,,bener2 kuat…

    • sp0ngew4ter berkata:

      iya, mbak…memang nggak mudah. tapi Insya Allah bisa kok selama kita mau berusaha dan berdoa. lagipula, nggak ada keuntungan apapun yg kita dapat dari trauma itu. malah kita yang rugi jadinya, rugi waktu, rugi kesehatan, rugi tenaga, rugi pikiran, rugi rasa syukur.

      semangat ya mbak…mudah2an mbak selalu kuat. amin.

  41. winday berkata:

    tipsnya bagus..
    tapi, sepertinya tetep ga mudah buat lepas dari trauma ini..
    capek sih terkungkung dlm trauma ini.. tapi, rasa takut ini juga sangat besar.. luar biasa besar..
    semoga bisa segera hilang dehh..

  42. joni Sby berkata:

    Coba pelajari kasus dari seorang ini:

    STRESS

    Gak tau kenapa, perasaan makin puyeng aja.. permasalahan di mulai thn 2003 waktu aku kenal kak Oni. Dia yang begitu baik & sholeh ternyata bejat, aku harus liat dia kiss ama reta di lorong kampus UWM. Ditambah lagi aku musti liat dengan mata kepalaku sendiri ada reta bugil di hotel sekamar ama kak Oni. Detik itu juga aku berlari menuruni tangga darurat hotel & sembunyi di bawah lorong tangga sambil menahan tangis & napas agar tidak ada seorang pun yang tau keberadaanku. selama 4 jam aku terus menutup mulut diwabah lorong dengan mata sembab karena menangis terus-menerus. hingga malamnya benar2 aman aku baru keluar dari parkiran hotel dengan isak tangis didalam mobil selama perjalanan pulang sampai ke rumah. waktu terus berlalu, tp sakit itu tetep aja ada, perasaan gak percaya ama semua laki2 masih ada sampai sekarang, bahkan aku juga curiga jangan2 dulu papa kandungku pernah nyakitin hati perempuan juga, sampe aku musti kena karmanya skrg. aku benci kayak gini.. tapi kenapa harus gini.. setiap aku cemas, takut, cemburu, pasti kejadian di masa lalu (rasa cemas & ketakutan 7ang amat sangat saat di bawah lorong tangga) seperti terputar kembali di otakku. aku stress kayak gini terus, dulu waktu aku gak serius ama cowok perasaan itu hilang dengan sendirinya, aku bisa bebas putusin & sakitin semua laki2 yang suka ama aku tanpa perasaan & tanpa pandang bulu. tanpa beban, aku coba menarik perhatian cowok playboy cuma untuk bales dendam mutusin mereka disaat mereka sdh mengharap banyak ke aku, jalan ama cowok cuma buat mainan, setelah puas, putus.. tapi sejak ketemu ama Dedi semua jadi aneh. aku gak tega putusin dia waktu itu, entah apa karna sudah terlanjur sayang atau apa, aku gak tau. sampai akhirnya apa yang aku takutkan terjadi, aku sempet curiga kalau dia itu playboy, dan ternyata terbukti. dia suka ngasi harapan kosong ama perempuan2 disekitar dia, ada Lia (dia gak ngakuin kl aku ceweknya dia wkt itu, karena aku yakin dia masih takut kehilangan Lia), Aza (sudah tau lagi jalan sama aku tapi dia gak mau jujur bilang kl dah punya cewek, dia lebih milih untuk ngasi tau pas nikah aja, supaya masih bisa mesra2an ama Aza di klinik selama Aza masih belum tau keberadaanku) dan pasiennya yg di delta sari (udah tau ibu itu ngelulu pake uang, masih juga diterima dengan alasan buat biaya nikah, padahal kalo sampe dia tau uang itu bukan buat dia melainkan buat perempuan laen ibu itu pasti akan sakit hati lha…). aku berusaha untuk menutup telinga & mataku atas semua kelakuan dia. tapi sampai akhirnya aku sudah nggak kuat lagi, aku lebih memilih untuk nggak nikah, dari pada aku nanti akan merasakan penghianatan karena ibu itu (pasien delta sari) akan terus menyokong uang untuk nafkahku. aku gak mau makan uang hasil belas kasian orang, aku cuma mau makan hasil keringat suamiku, bukan hasil merengek ke orang lain. naudzubillah.. aku gak mau kehilangan wajah saat disiksa dineraka karena menikmati uang meminta2 siksaannya sama saja seperti peminta2 (wajahnya akan dikuliti seribu kali karena dia tidak punya malu dihadapan Allah), aku gak mau nyakitin perasaan papap dengan semua ketakutanku dimasa lalu. aku bingung.. tapi gara2 pertanyaan bude tentang kematian itulah yang membuat aku akhirnya memutuskan untuk mau menikah ama papap. bude pernah bilang “siapa yang akan ngerawat kamu kl sudah tua, kl bukan suami & anak2mu. siapa yang wajib mensucikan badanmu waktu mati nanti kl bukan suami & anak2mu. siapa yang akan paling sering mengirimkan doa buat kamu di liang kubur kl bukan suami & anak2 serta cucu2mu nanti. kl masalah orang tua jelas akan mati lebih dulu, kl teman, paling cuma dateng waktu seribu hari aja, saudara ngirim doa kl pas lagi inget aja, pacar, manta pacar, selingkuhan gak akan ada doa yang nyantol sebesar doa suami & keturunanmu kelak ), karena itu lah akhirnya aku mau nikah dengan tujuan untuk masa tuaku nanti & untuk mendapat pahala karena menjalankan perintah & kewajiban untuk Allah. tapi anehnya waktu awal nikah gak ada masalah, kita sering intens bareng, nonton bareng, makan bareng, penuh dengan kemesraan dari papap ke aku, begitu pula sebaliknya, dan semua berjalan baik2 aja sampai akhirnya setelah 2 thn pernikahan selalu aja permasalahan yang muncul gara SMS mayak yang ngerayu2 papap, mulai dari SMS seorang cewek, tiap aku tanya ke papap jawabnya gak penting, IYA GAK PENTING BUAT PAPAP TAPI ITU PENTING BUAT AKU TAU GAK SICH…!!! belum lagi setahun berikutnya ada lagi SMS dengan kata ” ko tak tunggu dirumah ya, kepalaku pusing banget nich banyak masalah. tak tunggu yach, aku butuh kamu banget ” dasar perempuan murahan, padahal jelas2 waktu itu jam 9 mlm aku ama papap lagi di kota Malang abis makan sate hotplate ama si kecil Aiyis (umurnya baru 3 bln), belum lagi siang2 dia SMS lagi, aku lupa isinya, intinya dia nunggu kedatangan papap, dan nama dia di save di Handphone pake nama hany, itu khan panggilan sayang yang dulu papap minta aku panggil dia pake sebutan honey bunny. Apa coba artinya… berarti selama ini emang bener ada yang tersebut antara papap ama perempuan itu, tapi pas tanya jawabannya itu detailer, detailer apaan pake kata2 mesra begitu… makin kuat dugaanku waktu valentine 2011 emang sengaja aku nggak mau ngucapin karena selama ini selalu aku terus yg nunjukin ekspresi sayang ke papap, sedangkan papap nol besar.. gak pernah sama sekali kl gak dipancing. tanggal 15 feb 2011 tepatnya jam 6 sore papap dapet 2 sms yang isinya dia dah dandan tapi papap gak dateng, terus pake kata2 cemburu segala lagi… apaan tuch… papap langsung pergi keluar, waktu aku tanya kemana katanya ke PS tapi di PS papap gak dateng, papap baru dateng jam 8 mlm, hmmm 2 jam ngapain aja coba… pasti lha ber valentine ria ama perempuan itu, pas pulangnya aku tanya kemana katanya abis beli makan, padahal jam 5.30 papap baru aja pulang dari kampung steak… ohhh… rupanya valentine tahun 2011 jam 6 ampe jam 8 mlm udah ada yang lebih berarti dibanding aku, bagus… kalo gitu tinggal tunggu tanggal maennya, kl sampe keliatan didepan mataku, jangan harap ada ampun… karena sama aja papap udah nusuk jantungku sampe tembus kebelakang, sebelum jantungku dicabik2 dan disayat2, lebih baik aku bertindak sendiri. liat aja… aku gak pernah maen2 ama ucapanku, biarin aja semua resiko ku tanggung sendiri dari pada harus liat papap berbahagia ama perempuan itu. biar papap ngerasain pusingnya ngurusin aiyis. setiap kali ngebayangin papap duduk berdua di cafe ama perempuan laen rasanya mengembalikan rasa ketakutanku di masa lalu, seakan2 aku lagi berada di bawah lorong tangga darurat hotel sambil menahan tangis & napas dalam ketakutan. Rasanya benar2 sama sakitnya, sama pedihnya, sama kejadiannya, benar2 membuat aku pengen nyopot otakku, kepala pusing, susah napas, sakit sampai ke ulu hati, benar2 sakit.. Bahkan setiap ada pertengkaran tidak jarang aku sering benturin kepala ditembok dengan tujuan untuk menghapus memori trauma dimasa lalu lebih baik aku tidak memiliki memori dari pada tersiksa begini.

    Menurut Anda apa yang harus dilakukan keluarganya untuk wanita tersebut, karena setau saya dia sudah pernah sekali datang ke psikiater tp buat dia belum bs mengubah persepsinya. bagaimana cara kita membantu dia melupakan traumanya yang cukup dalam itu. thx

    • sp0ngew4ter berkata:

      kayak ujian aja, jadi saya harus mempelajari kasus ini ^_^. tapi yang namanya persepsi, pasti jawabannya akan relatif dan bisa saja tidak sesuai dengan apa yg Anda mau atau pikirkan.

      kalau menurut saya sih, betul kalau keluarganya sudah berusaha dengan membawanya ke psikiater (tapi baru sekali kan??). mengobati suatu penyakit itu tidak mudah dan tidak bisa langsung sembuh, tapi berangsur-angsur dan perlahan (apalagi ini bukan penyakit fisik). mungkin ada yg terlupa disini, usaha secara medis sudah dilakukan. tetapi pernahkan jiwanya diterapi secara (apa ya???)…intinya dengan melakukan pendekatan secara agama.

      mungkin dengan pendekatan agama juga bisa membantu karena pada dasarnya semua kesembuhan itu atas izin Allah. selama kita mau belajar untuk menerima kenyataan dan menyadari bahwa semuanya terjadi adalah karena Allah, Insya Allah semua akan terasa ringan. karena yg terjadi atas diri seorang anak manusia, bukanlah kehendak dirinya yg berlaku atasnya tapi kehendak Tuhan yang memiliki dirinya. pelan2 saja memberi pengertian padanya, mudah2an dia bisa segera bangkit dari persepsinya. wallahu’alam.

      semoga teman Anda itu bisa segera pulih. amin.

  43. dewi berkata:

    saya pernah mengalami suatu masalah,yaitu ketakutan dngan adanya bncana2 alam,,,, dan sampai sekarang saya masih sering mengalaminya,,,sampai2 melihat langit mendung,,atau hujan,,saya menjadi ketakutan tak menentu…. sampai hal2 yang tak wajar untuk ditakutkan,, saya masih mersakan takut…..
    sdh bertahun tahun,sya mencoba menghilangkannya,,tapi terasa sangat berat…..
    Insya Allah dngan mmbaca tips yg bagus ini,, akn membantu masalah saya…
    wsalam,,, :)

  44. eka berkata:

    AssaLamuaLaikUm,,

    Mbakk tipsx BgUss Bgt,,
    tpii Knpa ya ssHh bgt meLkuKaNx,, pdhaL tRUs2aNn saya Coba spertii tips yg mBak tULiss,,

    SMkiNn saya Berdo’a sMkiiN saya iNgat traUma itUu,,
    SmkiiN bwt saya jdii terpuruKk Lgii,,

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam

      saya akui memang susah. sama seperti belajar yg teks book, susah sangat. tapi kalo semua diringankan, jangan dianggap beban, lama2 akan biasa. toh yg mendramatisir kan ya manusianya sendiri, tapi itu wajar karena manusia itu lemah hati. tapi ya harus semangat dong, punya Allah kenapa harus bingung ^_^

      semangat ya ^_^

  45. meitha rachmawati putri berkata:

    saya mau tanya… Ada sahabat perempuan saya disukai sesama jenis…itu berlangsung 1 thn an.. Setelah itu dia terasa stress bgt,,,karna dia berfikir kalau dia masih normal…suatu ktika setelah dia bisa jauh dgn cwe yg gak normal itu dia berpacaran dgn seorg cowo..tpi,sayangx cowo itu suka bertindak kurang ajar,,seperti mencium n berpelukan…teman saya ini orgx sangadh pemalu sexali..akhirx dia tdk bisa mengatakan apa2… N akhirx dia skarang terlihat stress sxali menghadapi hidupx..prestasix menurun n dia bingung hrus gmna lgi… Mnurut anda solusi yang terbaik untuk tmn saya ap?? Makasih sblmx…n tolong dijawab y…..

    • sp0ngew4ter berkata:

      kalau menurut saya sih lebih baik teman mbak keep move on. nggak usah memikirkan hal2 yg bisa menurunkan semangat atau malah bisa menjauhkan kita dari Tuhan. itu satu episode hidup yg “hitam” yg memang sudah harus dilewati oleh teman mbak. lain kali mungkin ada baiknya agar teman mbak menjaga interaksi terutama dengan lawan jenis karena biar gimanapun lawan jenis itu :yg disebut pacar: bukanlah mahrom teman mbak. kalau cuman bikin sakit hati dan stres, ngapain pacaran. lebih baik bergaul dengan orang2 yg lingkungannya jauh lebih baik yg bisa mendukung prestasi belajar dan keimanan. Insya Allah akan ada jodoh yg terbaik untuk teman mbak. minta tolonglah pada Allah dengan sabar dan sholat, temen mbak pasti kuat tuh.

  46. Azied Mohammad berkata:

    Aq dah berusaha untuk melupakannya tp efek trauma karena sakit yang berkepanjangan dan kejadian sakit itu terlalu kuat . . bahkan aq rela untuk menjalankan puasa di hari senin dan kamis hanya untuk memasrahkan diri hanya kepada allah swt, agar allah memberi petuntuk kpda saya supaya terauma ini bisa segera hilang . . bahkan terkadang sampai g kuatnya aq .. aq sampai rela jika jasad ini di ambil kembali ke padanya

    • sp0ngew4ter berkata:

      sabar, ikhlas. Allah tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hambaNya dan buah yg manis sudah disediakan bagi orang2 yg bersabar & ikhlas.
      Bismillahi tawakkaltu ‘alallahu laa hawla wa laa quwwata illa billah

  47. cepi rahayu berkata:

    tips.a bgus! tp sulit d lakukan!
    sy jg pnya trauma. g tau knpa sy g bsa mtk taupun s0al brhitung (kimia-fisika) seudah luluS sd. pd wktu itu sy bru msuk smp! pas hri ke1 bljar itu da pljran mtk sy udah nyimak baik2 tp wktu d sruh k dpan sya g bsa smpe d setrap! dr kjadian itu tmen2 Sy mulai mengolok2 sya tp sy g than dan lgsung pindah skolah 3x itupun krna hal yg sma! tp sy suka pljran berbhasa (b.indo,b.inggris,eks.b.jepang)
    smpe skrg sy tkut trjdi hal sperti itu! karna Skrg sy bru msuk sma!
    trus gmana ngjalanin.a tl0ng ksh saran&jwban ya….!!!
    sy tnggu!

    • sp0ngew4ter berkata:

      @cepi
      setiap orang punya sisi lebih masing2, nilai kamu di pelajaran non eksak pasti memuaskan ya :) menurut saya, jika kamu masih SMA saat ini sebaiknya ya gak usah pindah2 lagi. kalo memang kamu lemah di pelajaran eksak, digenjot, bisa ikut les, kursus, bimbel, minta jam tambahan sama guru bidang studi atau minta guru privat sama orang tua kamu. saya yakin kalo kamu serius pasti kamu bisa, jangan gampang nyerah. dan saya percaya kalo kamu sungguh2 belajar, pasti nilai kamu gak akan di bawah standar :)
      oya, satu lagi. jangan lupa berdoa utk dimudahkan dalam menerima pelajaran dan memahaminya. kalo saya dulu, karena saya seorang muslimah, waktu yg mantap buat belajar adalah setelah sholat tahajud dan setelah sholat subuh. saya jadi lebih mudah mengingat materi non eksak dan juga memahami pelajaran eksak. walaupun saya lemah dalam pelajaran eksak tapi alhamdulillah nilai saya gak pernah di bawah standar.

  48. ve berkata:

    satu tahun aq trauma,karena perlakuan bos aq yang semena-mena dan teralu kasar sama aq,,hingga sekarang aq suka menangis sendiri dan sangat takut bila harus bertemu dengan teman2 kantor maupun lewat depan kantor lamaku,trauma ini membuat aq takut bekerja serius di tempat baru..

    • sp0ngew4ter berkata:

      life must go on. yg lama ya biar berlalu, yg harus dihadapi adalah yg ada di depan anda. jangan takut untuk bekerja serius, nggak semua bos semena2 :)

  49. SANDRA SASA berkata:

    kenapa saya begitu sulit menghilangkan trauma yg pernah saya alami di waktu lampu. karenaa terlalu banyak faktor yang menyakitkan. bagaimana carany supaya saya bisa lepas dari semua ini. saya selalu mengingat kejadian demi kejadian yang sangat menyakitkan. saya tidak bisa melupakannya. dan itu bisa membuat saya tambah sakit . saya mencoba untuk tegar. tetapi saya kembali trauma .. hanya kepada Allah saja saya menceritakan isi hati ini. Terimakasih yaa masukannya sangat bermanfaat sekaii. salam hangat selalu. ^^

  50. putri berkata:

    mba mohon kiriman aku ini dihapus dong, aku mohon bgt thanks byk, aku mohon bgt y dihapus, aku mohon bgt mba…aku mohon bgt

  51. rochmah margi utami berkata:

    ass wr wb..
    Keren., udah hmpir 2,5 th posting awalnya tp coment msh brlanjut loh..:-D
    Saya suka tips yg diberikan krn tdk keluar dr jalur agama..krn Allah adlh Maha Penolong..:-)
    Sukses ya ;-)

    wass wr wb

  52. Rio berkata:

    asalamualaikum
    tips nya sungguh bAgus tetapi kenapa stelah saya mencoba melakukan tips tersebut tetap saja rasa trauma itu tak kunjung hilang tak kurang kurang saya berikhtiar dan berdoa kepada allah swt tetapi tetap saja saya tidak dapat menghilangkan rasa trauma tersebut. mohon pendapatnya.

    • Rio berkata:

      saya mempunyai trauma dengan yg namanya wanita saya sudah pernah bertunangan dan hampir menikah tetapi tunangan saya berselingkuh di dpn mata saya. sakit yang amat sangat saya rasakan ini sudah terjadi hampir 2tahun tetapi tak kunjung hilang
      kemudian pada saat ini saya telah mempunyai pacar kembali tetapi tetap saja trauma itu belum hilang hilang. dan sekarang saya menjadi org yg posesive dan protect terhadap pasangan saya walaupun saya memang kadang kadang merasa kasihan terhadap pasangan saya tetapi cuma itu cara yang bisa saya lakukan. mohon pendapatnya….

      • sp0ngew4ter berkata:

        bersyukurlah karena tunangan anda itu tidak jadi menikah dengan anda, bukannya akan lebih sakit kalau selingkuhnya terjadi setelah pernikahan??! kalau pasangan anda memang tidak berbuat yg macam2, buat apa posesif, salah2 malah anda bisa kehilangan dia. fair aja dengan pasangan anda yg baru, kalau memang dia baik buat apa dikhawatirkan :)

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam
      semua yg sudah terjadi itu kehendak Allah, kita cuma bisa menjadikannya cermin supaya tidak terulang lagi. kalau anda punya cara lain untuk mengurangi trauma anda, itu lebih bagus, life must go on apapun yg terjadi karena hidup itu terus maju, bukan mundur bukan pula stagnan :)

  53. adit berkata:

    mohon dibantu.. saya kesuliatan dalam hilangkan trauma cew saya atas kesalahan saya yg pada usia hub 6 bulanan, saya keluar dengan cew lain. skarang usia hub kami 2,4tahun tapi sampai sekarang cew saya terus membahas tentang hal itu dan bahkan smakin protektif, stiap perhatianq ngurang dalam hal sms dy slalu menuduh2 aq lagi dekat dengan cew lain.. n nuduh2 aq dekat ma cew yg dulunya pernah aq sukai.. terlebih lagi dy sering mengucapkan kata2 kasar kepada cew tuduhanya tersebut.. aq dah kata kan ma cewq bang.. log aq dah ga seperti dulu.. aq mw stia.. bhkan aq stia.. tapi tetep saja traumanya dy slalu muncul.. hinga saat ini aq bingung buat tumbuhkan rasa percaya dy ke aq..
    otk saya suntuk mengahadapi penyakit dy tentang masa lalu..
    (saya type org yg sabar n saking sabarnya.. tak ada dibenakku kata curiga.. namun dy berpresepsi log saya ga sayank ma dy.. pernah juga saya nyoba lebih protektif namun dy justru dy bilang aq brubah n dy berpikir aq brubah gara2 aq dekat cew lain).
    mohon sarannya..

    • sp0ngew4ter berkata:

      hehe, cew ya begitu, sekali disakiti akan ingat terus. mungkin karena saking sayangnya dia sama anda jadi dia posesif, tapi semua balik lagi ke kalian, mo dibawa kemana hubungannya karena kalau udah nikah gak mungkin lah putus-nyambung kayak orang pacaran. mungkin ada baiknya anda berdua bicara dengan kepala & hati dingin jadi bisa ketemu solusinya, bicarakan maunya anda berdua itu seperti apa, mudah2an semuanya bisa menjadi lebih baik. amin.

  54. ridwan berkata:

    terimakasih masukannya.

  55. Ashley berkata:

    saya pelajar sekolah yang tidak mempunyai lesen memandu,saya sangat menyesal dengan tindakan saya yang suka bermain-main dengan perkara yang tidak pernah saya lakukan.saya sangat trauma kerana mengundurkan kereta kebelakang sehingga hampir jatuh ke jurang.saya sangat bersyukur kerana tuhan masih menyanyangi saya.bila diimbaskan kembali,jika saya tidak melakukan pergerakan yang pantas saya tentu akan kehilangan nyawa saya.saya sangat menyesal atas perbuatan yang bodoh itu.peristiwa itu sukar untuk dilupakan.

    • sp0ngew4ter berkata:

      semoga itu menjadi pelajaran buat anda & kita semua agar lebih berhati2, karena ajal tidak pernah memberi kabar kapan ia akan datang menjemput :)

  56. mei berkata:

    saya selalu memikirkan sesuatu hal yg tidak pernah saya lakukan,,tpi saya seperti melakukannya..pdahal berulang x pun saya coba untuk mengigantnya saya tdk pernah bisa mengingatnya,,,,saya capek mikirkan ini trus..apakah ini karena hayalan aja..?

    • sp0ngew4ter berkata:

      bisa jadi itu hanya khayalan saja, beda antara nyata dan khayal itu tipis, jadi jangan selalu memikirkan hal2 yg tidak/belum pernah anda lakukan, realistis aja ^_^

  57. solusi yang bagus sekali…thanks

  58. radit berkata:

    kenapa ya saya merasa lemes badan tuh, semenjak saya terkena musibah ada masalah dengan polisi….mohon pencerahannya gan

  59. wulan berkata:

    Saya mempunyai trauma pada tahun 2005. Waktu itu saya difitnah oleh wali kelas saya dan teman dekat saya. yang membuat saya trauma adalah mereka menulis surat kaleng yang isinya suatu kalimat yang tidak baik semula untuk teman dekat saya. karena masalah itu pertemanan saya dan teman saya putus. Seminggu kemudian terdapat surat kaleng serupa yang terletah dilaci meja saya, kali ini surat kaleng di tujukan untuk teman sekelas saya. Sejak saat itu semua orang memusuhi saya dan mencaci maki saya. Surat kaleng itu terus beredar, tiap menit ada saja fitnah yang ditujukan kepada saya. Tiap menit saya harus mendengarkan orang lain mencemooh saya bahkan mereka tidak segan melukai fisik saya saat itu. Karena suasana sekolah saat itu sedang memanas guru-guru pun turun tangan untuk membantu menyelesaikan masalah itu. Saat berharap masalah saya akan terselesaikan saat itu. Namun diluar dugaan saat proses perundingan itu terjadi sebuah surat kaleng satu persatu bermunculan yang membuat semua guru marah kepada saya. Tiap hari saya diwajibkan ke sekolah namun saya selalu dikunci di ruang BP selama perlajaran berlangsung, 5 menit sebelum pelajaran usai saya disuruh kekelas namun dikelas saya diperlaku sama. Setelah jam pergantian pelajaran baru saya dibawa lagi ke ruang BP.

    Terkadang saya diminta untuk keruang guru, saya diminta untuk berdiri ditengah-tengah meja yang telah mengelilingi saya. ternyata saat itu semua guru berkumpul dan ketika semua guru berkumpul, satu per satu guru-guru melontarkan omongan yang tidak pantas diucapkan seorang pendidik, mereka menghina saya tak jarang mereka meludah kearah saya.

    Semua saya alami selama sebulan lebih. Saat itu saya ingin sekali mengakhiri hidup saya. saya sangat takut.

    Saya sudah mencoba untuk melupakan peristiwa itu. Namun saya masih belum berhasil.
    Tolong saya, apa yang harus saya lakukan?

    • ruslan berkata:

      ane jga pernah merasakan yg demikian sodaraku..
      jadi bulyng guru2…
      dan waktu itu tdak ada satupun yg mempercayai ane …

      • sp0ngew4ter berkata:

        @ruslan
        seharusnya bukan begitu ya sikap guru. dulu ya pernah juga disindir2 sama guru, tapi ya cuekin aja. yg penting mereka fair sama nilai pelajaran saya. that’s it. selebihnya ya, males lah ngurusin yg begitu ^_^

    • sp0ngew4ter berkata:

      @wulan
      saya dulu juga pernah dapet surat kaleng, karena semua yg ditulis itu gak benar jadi ya dicuekin aja. mau satu kelas ato satu sekolah memusuhi, so what…gak mungkin gak ada yg mau berteman dengan saya. gak usah dilupakan ato diingat2, biarkan saja…hikmahnya, klo gak gitu kamu gak akan tau mana teman yg baik ato yg bisa dipercaya, dan lebih hati2 ketika bersikap dan berteman. semangat ya :)

  60. ahyue blackberrii berkata:

    saya seorang ibu, baru2 ini anak saya mengalami hal yg sangat tragis, dia di keroyok 2 orng tak di kenal trus motornya di bawa lari gitu, sebagai seorang ibu saya sedih banget mbak, anak saya mengalami trauma sejak kejadian itu, sering bangun tiba2 tiap malem, merenung dan kadang menangis mbak, tolong mbak tips ato nasehat apa yg baek buat anak saya supaya rasa sedihnya berkurang,, thanks mbak spongewater.

    • sp0ngew4ter berkata:

      berikan rasa aman pada anak, mungkin dengan mengantar dia kemana dia pergi, sambil diberi pengertian bahwa hati2 itu perlu dan biasakan dia untuk gak pergi sendirian, mungkin bisa sama temannya, malam sebaiknya di rumah, jangan keluar, jangan lewat daerah sepi dan rawan. dengarkan curhatnya dia ketika terbangun, biasanya anak akan lebih tenang ketika ibunya bisa ada di dekat dia, memeluk dia. coba diajak konsultasi ke dokter, mbak. dokter pasti bisa membantu, semoga anak mbak cepet sembuh

  61. Tommy berkata:

    Jazakallah Khoir,
    Alhamdulillah, membaca tips dan komen anda membuat saya terharu… membantu sekali, soanya sudah 2 tahun ini ketakutan selalu menghantui diawali dengan pingsan setelah bermain bola sewaktu kuliah karena kecapekan sebelumnya tidak tidur selama 48jam. Rasa itu selalu ingin datang, minta tipsnya agar saya tidak takut menghadapi itu? Selain itu juga saya takut naik pesawat Takut Pesawatnya jatuh, mungkin karena selalu lihat berita yg aneh2.

    Selain itu sekarang saya juga mulai aktif ikut taklim (seperti tips anda dalam komen => “bergaulah dengan majelis”)

    Salut dengan tulisan anda karena membantu banyak orang (walaupun ditulis pada tahun 2009), semoga allah merahmati anda.
    barakallahufik

    • sp0ngew4ter berkata:

      klo kecapekan karena gak tidur selama 48 jam trus pingsan ya wajar, hehe. istirahat yg cukup supaya tubuh gak ngedrop, minum vitamin. klo mau naik pesawat berdoa dulu, maut pasti akan datang entah kapan jadi serahkan pada Pemberi Hidup. gut lak :)

  62. Choe TR berkata:

    Asslmlkm. . . Trim’s bt tips’y, be2rapa wkt yg lalu sy prnh mengalami kcelakaan dg suami & wlpn hny luka sdkit tp hal tsb membuat sy sdkt trauma. Jd untk bw kndaraan sndri sj sy msh agk tkt.

    • sp0ngew4ter berkata:

      itu kejadian persis kayak teman saya, tapi dia bawa motor sendiri. abis tu dia gak berani bawa motor sendiri, berangkat dan pulang kerja mbonceng saya klo gak naik angkutan perusahaan. tapi setelah berhenti kerja dan pindah ke kota, keadaan memaksa dia utk bawa motor sendiri, klo gak ya anaknya gak sekolah, soalnya gak ada yg nganter jemput. jadi dia berani karena keadaan, terpaksa dan akhirnya berani. pelan2 dia bawa motornya dan akhirnya biasa lagi walaupun gak ke jalanan ramai. klo masih takut sebaiknya jangan dipaksakan mbak utk bawa kendaraan sendiri, tapi ada baiknya utk perlahan membiasakan membawa motor sendiri di dekat2 rumah aja, didampingi suami. mudah2an segera baikan :)

  63. putri adizta berkata:

    asalamualaikum saya mau minta saran dung
    saya kan dulu punya sahabat .pas saya sahaatan ama dya saya sring ngelakuin hal jelek lalu saya keluar dr mreka tp mreka malah fitnah saya n nuduh saya yg engak engak jd saya setiap di sekolah merasa ndak punya teman trauma qkuama mereka di musuhin terus
    jadi saya minta silusi nya yaa
    trimakasih

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam warohmatullah. teman baik bawa pengaruh baik, teman jelek bawa pengaruh jelek. jadi mereka mau bilang apa ya cuekin aja, toh gak minta makan sama mereka juga kan. ganti temanmu dengan teman yg baik, setidaknya yg membuatmu jadi gak melakukan hal2 buruk, biarin aja klo mereka mau musuhin, ntar juga capek sendiri. tapi gak perlu ketus, santai aja klo mereka ngomong yg nggak2.

  64. bayu berkata:

    Assalamualaikum..
    Saya mengalami trauma merasa tidak nyaman bila dekat dengan orang, saya selalu merasa cemas dan tertekan bila berada disamping orang„ itu karna ada suatu kejadian yg melukai perasaanq pada masa lalu, ketika aq melakukan kesibukan kejadian ini sempet lupa„ tapi ketika udah kosong g ngapa2in kejadian ini terulang kembali.. bgaimn cara mengatasinya…

    • sp0ngew4ter berkata:

      manusia tu saling membutuhkan, saling berinteraksi. seperti kata2 klise, gak semua orang begitu. jadi hati2 memilih teman tentu menjadi pilihan bagus, dalam artian memilih teman yg bisa dipercaya. kalau dibawa menyendiri terus jadinya galau. perbanyaklah teman

  65. Ping balik: Yang pernah TRAUMA terhadap apapun, Share dimari…….. | agcgoblog.info

  66. Bima AsSyafi'i berkata:

    Anak tmn sy mengalami trauma masa kecil(usia 11 thn).Ia pernah dipukul ayahnya menggunakan kayu.Ia sangat membenci ayahnya sampai sekarang( saat ini usianya 17 thn).Ayahnya selalu berusaha berkomunikasi dgnya namun ia lebih banyak diam/tak peduli.Ia selalu menghindar dr ayahnya,bahkan dia lebih sering berada di dalam kamar seorang diri.Ia terlihat ceria bila dekat dgn kakak,adik atau Ibunya tp akan diam/kelihatan marah bila mereka bercanda dgn ayahnya.Masalah ini pernah ia ungkapkan pada Ibunya.Ibunya menyuruhnya memaafkan sikap ayahnya tp Ia tak mau malah Ia kelihatan menyimpan dendam.Ibunya sudah berusaha menasehatinya tp tak ada hasilnya.Apa nasihat yg bisa Anda berikan utk anak teman sy tadi? Terima kasih atas bantuanya.

    • sp0ngew4ter berkata:

      sejelek2nya orang tua, tetaplah orang tua kita. wajib utk dihormati. yg terpenting jika ortu kita melakukan sesuatu yg buruk, jangan sampai kita ikut melakukannya, itu artinya kita sama dengan ortu kita. dan semua orang pasti berubah, termasuk ayah si anak itu. mungkin ada baiknya si ayah meminta maaf jika memang kejadian itu yg membuat si anak berubah sikap pada ayahnya, dan sebaiknya si anak juga memaafkan, biar bagaimanapun orang itu adalah ayahnya.

  67. Sri Masjayuda berkata:

    sudah berulang kali sy slalu coba tuk bs lupakan semua itu tp terus ada d pikiran sy dan hati sy…sy ingin keluar dr semua itu krn cape lelah…sy hrs gmn…..yg bs membuat sy kuat menjalani hidup ini adalah anak”…itu lah semangat hidup saya……………………………..makasih

    • sp0ngew4ter berkata:

      @Mbak Sri
      saran saya, kalau mbak lelah dengan semua itu, kenapa harus dibiarkan itu memberati langkah mbak? kalau mbak masih ada anak2 yg harus diperjuangkan, singkirkan saja beban berat itu. tumpahkan semua pada-Nya. serius mbak, kalau mbak benar2 mengadu pada Allah dengan segala penyerahan diri dalam sujud mbak, ada ruang lega di hati mbak setelah itu. saya juga pernah mempunyai beban hidup berat, nyaris depresi, luntang-lantung, lalu saya hijrah dan semuanya menjadi mudah :)

  68. nara berkata:

    saya merasa trauma kalau melihat sesuatu yg mengerikan,,,knp ea,?

    • sp0ngew4ter berkata:

      @nara
      itu karena takut akan sesuatu yg mengerikan itu. saran saya, jangan melihat hal2 yg mengerikan, usahakan menghindari itu supaya kamu gak trauma lagi. atau kalau kamu mau lebih sedikit “berani”, lihatlah yg mengerikan itu, tapi jangan sendirian, lihat seberapa kuat kamu melihat, mungkin jika terbiasa akan bisa sedikit mengurangi trauma kamu

  69. ferhad berkata:

    saya masih sangat sulit untuk menerima kenyataan bahwa wanita yg mencintai saya, & saya cintai ternyata pernah tidur dengan pria lain, (teman saya). seperti mimpi buruk. setiap hari saya tak pernah terlepas dari mimpi buruk ini. bagaimana mengakhiri nya?? tapi tetap tak bisa saya pungkiri, bahwa saya masih mencintai nya. tapi sanagt sulit untuk saya terima…

    • sp0ngew4ter berkata:

      @ferhad
      kalau dari cerita kamu, sepertinya dia bukan istri kamu ya, karenanya saya tidak akan bertanya kenapa dia sampai tidur dengan lelaki lain. buat apa pusing memikirkan wanita yg jelas2 tidak bisa dipercaya, apa wanita seperti itu akan pantas menjadi ibu dari anak2mu? dengan kejadian itu, kamu bisa tahu teman seperti apa temanmu itu dan wanita seperti apa yg kamu cintai itu. jika kamu memang ingin benar2 mencintai seorang wanita, maka cintailah istrimu yg akan menghindarkanmu dari dosa dan mengingatkanmu ketika salah. keep move on yah.

  70. Aline berkata:

    Assalammualaikum,,
    baguz bgt tips’y bwt peLajaran hidup,,,
    Oia saya minta masukan’y donk,,
    saya merasa sedih ketika mendegar kisah teman saya yang trauma dgn kisah cinta’y di masa lalu karena di tinggalkan seseorang yg sangat brarti dalam hidup’y (pacar) tuk sLama’y krn skit,, sampai sekarang dia masih selalu ingat & ga bisa melupakannya bahkan sampai menyiksa diri selama 8 thn ga bisa membuka hati tuk seseorang,, bahkan kenangan” pacar’y tu msh tersimpan rapih d lemari hanya d kunci saja,,
    bagaimana ya solusinya agar teman saya keluar dari trauma masa lalu’y..??

    • sp0ngew4ter berkata:

      mungkin dia hanya belum bertemu dengan orang yg tepat, dalam kata saya, orang yg tepat itu adalah orang yg menjadi suaminya kelak. mengurung diri seperti itu gak akan membuat dunia berhenti berputar, atau bunga berhenti mekar, rugilah kalau tidak bisa menikmati semua keindahan itu dan mensyukuri hidup. biarkan yg sudah pergi itu istirahat dengan tenang, saya yakin dia juga tidak mau melihat temanmu itu down karena kepergiannya. hidupnya masih panjang dan sayang jika harus dihabiskan dengan rasa sedih

  71. wanda berkata:

    Banyak kjadian yg aneh tapi nyata yg Q alami.jika bersandar hanya kpd TUHAN,tdk mengandalkn kekuatan mnusia,sgala yg terjadi mau sebarat,separah,sebesar apapun masalah,mnjadi spt sbuah BADAI YG PASTI AKAN BERLALU.
    Skrg aQ branikn diri utk kembali ke ortuQ dimana sikon yg dulu /nah mbwtQ DEPRESI masi brlangsung,trjadi n trjadi lagi.mreka tdk /nah sadaR malah tambah angkuh krn trbukti aQ salah langkah.Q nikmati stiap perih yg ada n aQ brtekat utk tdk NYERAH meski sngt HANCUR,sbab TUHAN slalu sertaQ…AMIN

    • sp0ngew4ter berkata:

      @wanda
      betul mbak. Tuhan tidak akan meninggalkan hamba-Nya. teruslah berjuang seberat apapun itu, selama masih di jalan-Nya maka mbak akan selalu kuat :)

  72. m berkata:

    bisa bntu saya ga? saya prempuan, usia 20, saya trauma dkat2 dgn laki2, krn saya pernah dpt pelecehan dr org2 yg notabene.nya adlh keluarga sndiri. saya merasa normal dan punya perasaan trhdp laki2, tapi untuk hubungan lbh jauh. msalx sbg istri. rasanya sangat memuakkn. saya ingn skali berteriak ktika melihat lwan jenis brtlanjang dada. gigi2 saya beradu. dtak jntung saya juga. hati saya tak karuan. bwaanx marah. saya emosi bhkan ktika mmbyangkan saja. saya kdg merasa tak normal. saya lbh snang brada dkat perempuan drpd laki2. saya merasa tdk aman jika brdkatan dgn lawan jenis. kdg saya muak.

    • sp0ngew4ter berkata:

      di dalam Islam, ada yg namanya menjaga pandangan dari melihat lawan jenis, apalagi sampai berlebihan. itu utk menghindarkan dari nafsu dan termasuk amarah. makanya antara lelaki dan perempuan itu ada jarak yg membatasi pergaulan mereka, supaya tidak terjadi hal yg tidak2. jika itu terjadi dalam keluarga anda, maka jika anda bertemu dengan orang itu maka cobalah menghindar. tidak semua laki2 mempunyai sikap dna sifat yg jelek. ubahlah cara pandang anda, jika memang yg anda maksud adalah pelecehan seksual maka jangan membuat atau memakai sesuatu yg dapat mengundang lawan jenis melecehkan anda, misal tidak berpakaian seksi, tutuplah aurat anda dan tunjukkan bahwa anda adalah seorang wanita yg punya sikap dan pantas untuk dihargai dan dihormati. jangan sampai rasa muak anda terhadap lawan jenis membuat anda menjadi seorang yg tidak normal.

  73. Wahyu Muhammad berkata:

    thanks tipsnya…===

  74. febrian berkata:

    terimakasih,,ini sangat meningkatakan semangat saya akan trauma tersebut,

  75. Cici berkata:

    Q cndiri bingung bagaimana cra yg jtu buat ngilangin trauma Q
    hmMm
    bagi Q tips nY kurang ok

    • sp0ngew4ter berkata:

      @cici
      bisa jadi kurang ok, hehe…ini kan menurut saya, subyektif loh. coba gugel lagi, siapa tau nemu tips yg lebih ok, atau langsung ke ahlinya seperti dokter atau pemuka agama

  76. yazid berkata:

    assalamualaikum wr.wb
    mb saya pernah mengalami kejadian traumatis dalam hidup saya sampai saya terkungkung dalam ketakutan yang luar biasa waktu itu,ini berkaitan dengan masa lalu saya ditinggal nikah oleh kekasih saya,namun kejadian itu saya simpan dalam perasaan saya yang amat dalam,lalu saya mencoba to ganti pasangan yang dia masih kuliah,karena terlalu lama menunggu akhirnya jadi kepikiran dalam benak saya,dan saya px niat to menikahix waktu itu.karena terlalu lama nunggu aku pun jadi galau dan rindu setiap hari,dan saya membuat keputusan to kuliah juga,berhenti dari pekerjaan saya,eh ternyata kejadian itu membuat saya kehilangan kendali,karena masih kuat ingatan saya dg masa lalu saya di pekerjaan saya,saya pikir jalan keluar adalah kembali ke tempat semula tp itu tdk bisa,ketika saya kembali main di tempat kerja saya perasaan emosi masih pgen kbli ke situ,dan di(perkulioahan) saya menalami kebimbangan,dan keraguan,karena perasaan dilema.menawarkan berbagai kekecewaan dan penyesalan,perasaan emosi dan pikiran pun jadi negatif,karena khawatir kehilangan dia,keadaan semakin tak rekendali ketika saya ikut ceramah KSR,dan di situ di jelaskan tentang proses terjadinya manusia,,di fikiran yang ada malah justru ketakutan yang luar biasa,,,aku jadi down mental,dan gelisah,,,sampai di bawa di RSJ.aku pun keluar dr kuliah dan kehilalangan arah,,,perasaan kecewa penyesalan dan sedih yang tiada henti berlarut lama,,karena masa masa transisi kehilangan karir,kekasih,sahabat,dan teringat masa laluku yang masih membekas di benak ternyata sulit to di lupakan,,,mohon di ksih saran to perbaikan mb..

    • sp0ngew4ter berkata:

      @yazid
      berarti kamu harus mulai dari 0 lagi ya. gara2 cinta, hidup jadi berantakan. coba susun rencana hidup kamu, misal tahap pertama perbaikan diri adalah perbaikan ibadah, setelah itu perbaikan nafkah dengan cara mencari pekerjaan atau membuat usaha, intinya yg penting uang yg kamu dapat adalah halal dan bisa mencukupi kebutuhan kamu, jangan lupa berbagi dengan orang lain yg lebih kurang dari kamu keadaannya walau cuma sedikit, mudah2an itu bisa memperlancar rezeki kamu.perbaiki pergaulan kamu, cari teman yg bisa membawa kamu ke perbaikan. kalo kamu merasa cukup siap lahir, batin, sanggup menafkahi dan siap menikah maka carilah wanita muslimah yg bisa menerima kamu apa adanya kamu, bisa diajak susah lah. gut lak!

  77. nur berkata:

    Assalamu’alaikum
    terima kasih atas tulisan yg mengingatkan sy utk bersabar. Sedikit sharing, sy memiliki trauma dr sejak kecil, korban perceraian, masa kecil sy bersama ibu yg berjuang mencari sesuap nasi, remaja ikut dengan ibu tiri yg seringkali menyakiti hati sy. Dab setelah menikah, sy disakiti oleh suami yg sy cintai dan hormati. Alhamdulillah sy selalu.d jalan yg lurus. Namun akhir2 ini seringkali sy beraedih dan emosi, rasa sulit memaafkan suami dan ortu sy. Tidak percaya diri dan tertutup. Sy hampir tak memiliki teman. Teman sy satu2nya.adalah suami, namun ternyata suami melukai hati sy yg paling dalam.berkali2. Walau suami.meminta maaf dan sy berusaha memaafkannya namun hati sy bergejolak. Apakah sy depresi? Tp sy msh sholat, mengaji, puasa….
    Jazakimullah khoiron katsiron..

    • sp0ngew4ter berkata:

      @nur
      serahkan semuanya pada Allah, mbak. minta tolanglah padaNya dengan sabar dan sholat. Insya Allah, mudah2an Allah menguatkan mbak dan memberi jalan keluar utk semua masalah mbak. Innallaha ma’aana

  78. thama berkata:

    slm knl,, pgen shere dlu sya pernah berpacaran mugkin jga yg sya rasain saat ini terauma dan menyesal atas salah dalam mendidik psangan sya gimana cara memperbaiki,, makasih

    • sp0ngew4ter berkata:

      jangan pacaran. cari wanita yg baik utk kamu nikahi. mengambil pelajaran dari yg sudah terjadi dan berusaha utk jangan sampai terjadi lagi atau mengulangi kesalahan yg dulu adalah cara terbaik, berpikir sebelum bertindak.

  79. uud berkata:

    saya trauma berhadapan dengan seseorang karena bila ketemu bicaranya sangat menyakitkan hati.. sementara selama 6 bulan ini saya harus ketemu dia terus untuk mengoreksi pekerjaan saya dan tidak bisa tidak.. ini sudah membuat saya sakit, depresi, tidak nafsu makan. bagaimana saya mengatasinya

    • sp0ngew4ter berkata:

      @uud
      pernah dengar radio rusak? sakit di telinga di dengar. jika dalam apa yg dia sampaikan ada kebaikan maka ambillah dan terima utk memperbaiki pekerjaan anda, sekalipun dalam menyampaikannya dia bisa sangat menyakiti hati anda. tunjukkan sikap bahwa anda patut dihargai, tetap sapa dia dengan ramah walaupun cuma sekedar ucapan assalamu’alaikum. maaf mbak ya, kalo saya sih males banget menghadapi orang seperti itu tapi sampai ngefek ke nafsu makan dan depresi, memangnya klo saya sakit orang seperti itu akan peduli dan mengobati saya, gak lah mbak. dulu waktu saya masih bekerja juga mengalami hal seperti anda, tapi cuek aja, saya tetap tegur dia dengan ramah walaupun dia nyinyir jawabnya dan hasilnya…ketika saya sedang kesulitan, dia adalah orang pertama yg menawarkan pertolongan. see, batu jika dilawan dengan batu maka akan pecah dua2nya. tapi jika batu kena tetesan air tiap hari maka ia akan berlubang dan meninggalkan bekas disana.

  80. erni berkata:

    tips nya bgus bgt, krna saya sendri mmpunyai trauma yg ckup mnghwatirkan, btuh bgt sran2 sperti itu… trima kasih..
    slam mnis erni,,

  81. Milla setiani berkata:

    Assalamu’alaikum:-)
    tips yang bagus untuk menghilangkan dan mengatasi trauma yg ada pada diri kita.tapi bgymana kalau trauma itu tidak bisa ilang dari diri kita..?
    Yg bsa jawb..coment ya!
    Salam kenall jj dari aku<3

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. walau tidak hilang tapi dia akan menjadi bagian dari diri kita, apa kita akan menjadi lebih baik atau lebih buruk dari sebelumnya. diambil saja hikmahnya :)

  82. erni berkata:

    mbak,saya mempunyai trauma sudah lama, gmn caranya biar saya biar bisa kmbali normal sperti dulu lagi..???

    • sp0ngew4ter berkata:

      @erni
      utk kembali normal rasanya sulit, karena masa lalu itu yg membentuk kita sekarang. biarkan trauma itu menjadi bagian dari masa lalu kamu, menjadikan kamu lebih baik lagi ke depannya. semangat ya :)

  83. roni berkata:

    artikel yang sangat bermanfaat…menghilangkan trauma masa lalu bisa dilakukan dengan cepat, yaitu dibantu dengan metode hipnoterapi (roni-085316281711)

    • sp0ngew4ter berkata:

      nah, ini juga bisa jadi salah satu alternatif terapi utk menyembuhkan atau menghilangkan trauma.

      @roni
      mudah2an kemampuan hipnoterapi anda selalu digunakan utk membantu orang lain. aamiin.

  84. vietnam berkata:

    Trimakasih bnyk

  85. riezkha rahayu berkata:

    Terima kasih mudah2an tipsny B̶̲̥̅ȋ̝̊̅S̤̥̈̊ƌ̲̣̣̣̥̈ menyembuhkan trauma saya akan masa lalu yg menyakitkan saya,,,

  86. Titin berkata:

    aku mengalami kekerasan fisik dan mental dari bayi sampai remaja krn aku diasuh bukan oleh orang tuaku dan mereka terpaksa merawatku,,bisa anda bayangkan spt apa perlakuan dan ucapan2yg ditujukan kpdku.sampai dengan sekarang aku jadi penakut,pesimis,kadang pelupa ,kdg pemarah, blm bisa terima kenyataan krn terlalu berat rasanya…ga dianggap, ga disayang,selalu salah. alhamdulillah keadaan skrg jauh lbh baik aku sdh punya keluarga kecil yg menganggap diri ini ada, tp rasa trauma itu masih membelenggu batinku hingga sulit rasanya utk bisa tersenyum apalagi tertawa lepas,jantung sering berdebar dan tubuh ga nyaman. entah kapan aku bisa rileks? semoga suatu saat nanti…

    • sp0ngew4ter berkata:

      saat bersama keluarga kecil yg menganggap diri kita ada, biasanya akan membuat rileks, karena itu merupakan saat2 yg menyenangkan dan bisa menghapus semua trauma itu. saat2 yg menyenangkan itu jadikan sebagai terapi, ketika mbak berkumpul dan tertawa dengan keluarga biarkan trauma itu lewat hingga mbak bisa tertawa lepas, masih banyak orang2 yg menyayangi mbak :)

  87. zizi berkata:

    iya tapi ga segampang itu juga………….

    • sp0ngew4ter berkata:

      betul, memang tidak gampang. saya juga tidak menggampangkannya. sikap seseorang ketika menghadapi masalah berbeda-beda, begitu pula ketika menyikapi trauma. cuma diri sendiri yang tahu harus berbuat apa,harus bagaimana, harus kemana, dan masih ada Tuhan yang bisa dilibatkan :)

  88. Mulyati Sri berkata:

    setelah semua dijalani, dianalisa, direnungkan, diambil baik buruknya, diperbaiki, dicontohkan, diamalkan, dianalisasi lagi. dan terus menerus seperti itu .. sampai pada satu kesimpulan : bukan tugas kita memperbaiki watak seseorang walau itu orang yang paling dekat sekalipun.

    kesadaran itu muncul setelah semuanya hancur , tapi sulit untuk pergi karena kita tahu yang terbaik.. dia tak mau melepaskan karena dia juga tahu yang bisa membuat dirinya baik.

    untuk seorang mahluk yang mengasah dirinya untuk mampu mempertahankan diri dengan bersandar pada keyakinan .. setelah badai berlalu semua akan kembali tenang.

    bila badai itu hanya hitungan hari, minggu, bulan, tahun.. kesabaran jadi kunci penentu. diatas itu ketabahan dan daya tahan diperlukan… masih juga berlanjut ikhtiar dan kekuatan bathin harus dimiliki, bila masih juga tidak melihat perubahan, kepasrahan jadi jalan yang pertama untuk berserah diri.

    masih kurang? biarkan apa maunya .. anggap semuanya tidak ada.

    sayangnya .. jiwa raga mampu mengimbangi … memori kebahagiaan dengannya sama sekali tidak ditemukan, padahal .. kita mampu tersenyum bangga dan bahagia melihat anak tumbuh besar dan pintar-pintar, mampu tertawa lebar melihat yang lucu-lucu, mampu mengingat semua kenangan bahagia tentang apapun, dimanapun dengan siapapun.

    hanya satu yang tidak ditemukan .. kehilangan memori bahagia dengannya.. ya sudah dibolak-balik juga memang tidak ada.

    yang paling unik.. melihat kebahagiaan dalam bentuk apapun, manusia, binatang, tumbuhan entah apa lagi … yang bergerak atau hanya berupa gambar deras air mata mengalir sampai tak mampu berkata-kata.

    ada yang terluka sangat dalam .. saya tahu, tapi sulit perlu ijin yang rumit, tapi tak akan ada yang percaya .. kecuali yang Maha Melihat.

    banyak yang mengatakan .. maafkan saja, kalau mereka tahu .. tak ada yang perlu dimaafkan, semua jalan hidup sudah ditentukan.

    “Jangan merubah apa yang tidak mampu kamu ubah” sama seperti diri ini yang tak mau merubah bila hasilnya akan jadi buruk untuk semuanya.

    hidup harus memilih, walau mulai terlihat buahnya.. tapi efek yang ditimbulkan sangat luar biasa.

    biarkan hati menuntun .. kemana arahnya, kalau tetap harus bersatu jalan hidupku ditentukan untuk terus bersamanya, kalau akhirnya pergi.. itu karena petunjuk dari Ilahi. waktu akan menyembuhkan semua luka .. tapi bukan dia obatnya.

  89. sekar berkata:

    saya ini trauma dg air tenang yg dalam . bgaimn ya bt mengatsinya . cz tp kali lihat ap lgi dkt suatu t4 yg ada air tenang tp dlm sya mersa takut dan gemetr :(
    kdng smpe lemes keingt kjdian bruk dmsa lalu sya . help me :(

    • sp0ngew4ter berkata:

      sebisa mungkin jauhi air tenang yg dalam, kalau berada di sekitar situ jangan sendirian, usahakan bersama teman supaya ada yg membantu mbak kalau lagi takut

  90. ruslan berkata:

    ane megalami trauma Tsunami yg berkepanajangan… dan sampai sekarang ane hampir tiap bulan mengalami mimpi Tsunami. ane sdah lelah dengan semua ini.. help me ya allah.
    semoga allah memberikan kesembuhan nya..

    • sp0ngew4ter berkata:

      tsunami memang tragedi yg mengerikan, wajar jikalau sulit sembuh. tapi mudah2an Allah memberi hidup yg jauh lebih baik untuk kamu, semoga Allah memberikan kesembuhan untuk kamu.

      dan bully sekarang udah makin banyak terjadi. kalau menurut saya, bully memang harus dilawan, kita harus berani melapor pada guru, orang tua, atau orang yg dituakan. kalau tidak ada yg percaya, kita bisa cari saksi dan bukti bahwa kita memang benar2 dibully. mudah2an kita bukanlah satu dari pem-bully.

  91. grey berkata:

    Iyaa saya juga msih mengalami trauma akan masa lalu saya yg msih sj mengantui hdup saya !!!
    Smua cara sudh sy cb,tpi blm ada hasil nya

    • sp0ngew4ter berkata:

      lapangkanlah hati untuk menerima itu sebagai bagian dari diri kamu. ambil hikmahnya, dan jadikan pelajaran supaya nanti jangan sampai terjadi dua kali.

  92. devi berkata:

    Saya sgt trauma dg kehidupan pernikahan sy yg prtama. Sy takut dg khdupan sy yg selanjutny sy takut karma Allah… saya trbersit ingin mengakhiri hdup sy

    • sp0ngew4ter berkata:

      kalo bunuh diri, malah tambah dapet dosa besar tu mbak. apapun yg terjadi di pernikahan mbak yg sebelumnya, jika itu salah ada baiknya mbak memohon ampunan Allah. jika mbak bukan dalam posisi yg bersalah, mintalah padaNya untuk memberikan jodoh yg Dia ridhoi, dan bisa membawa mbak dan anak2 ke dalam kehidupan yg jauh lebih baik dari sebelumnya. sesakit-sakitnya, jangan sampai terjadi usaha bunuh diri itu mbak

  93. revina berkata:

    Saya trauma sekali dengan hujan badai,walaupun baru gerimis dan angin sedang,jantung saya berdebar debar karena saking ketakutannya. Kadang seluruh badan saya sampai dingin bahkan berkeringat,bagaimana mengatasinya? Yang jadi masalah,saya sulit untuk menghilangkannya,setiap kali ada hujan turun,saya selalu merasa stres karena takut akan hujan badai,tolong penjelasannya,terima kasih :)

    • sp0ngew4ter berkata:

      kalau sedang ada hujan, mungkin sebaiknya berkumpul dengan orang lain. dengan berkawan tentu akan banyak bahan obrolan, setidaknya bisa mengurangi ketakutan mbak. sambil berdoa memohon perlindungan Allah, Insya Allah semua akan baik-baik saja, hidup, jodoh, mati adalah hak mutlak Dia, jadi jangan lupa banyak2 berdoa

  94. galih berkata:

    2 tahun menjalani hubungan
    tiba tiba cewek kita minta putus.
    alasannya..
    dia gak sayang lagi dan dia ingin fokus untuk sekolah n dia juga gak ada hp untuk menghubungin saya.
    apa kah benar alasan alasan dia minta putus.
    berikan aku jawaban di balik semua ini?

    • sp0ngew4ter berkata:

      untung baru pacaran, belum nikah. mungkin benar, mungkin tidak alasannya. yg tau sikonnya cuma kamu sendiri. misal, benarkan di tempat dia berada tidak ada sinyal hp, kalau memang benar ya berarti dia tidak bohong, kalau sebaliknya mungkin dia memang ingin putus dari kamu. mudah2an itu bisa menjadi bahan koreksi diri kenapa sampe si dia gak sayang lagi. tapi, mending gak usah pacaran dulu lah, fokus sekolah & membangun hidup, mudah2an nantinya kamu dapat jodoh yg baik :)

  95. ria lorna maria berkata:

    .qta di uji ALLAh dengan ke-inginanya sendri, qta hanya bisa menerima dan menjlankanya
    .dlu q pernh menggalami masalalu yg pahit sekli, yg tdk bsa lepas dri,ingatanku sampai sekarang.
    .tpi ALLAh it memamg sangat lur biasa..
    .dri smua cobaan yg q jlani mendapat berkah yg luar bisa,,
    .maka jadilah ornh yg tdk pernh mempunyaii rasa DENDAM ,krma orng yg sakit hati doanya pasti di kabulkan ,,asalkan tdkk dendam

  96. melly berkata:

    saya itu mrasa diri saya g normal kya yg lain.saya trlalu penakut.pemalu yg brlebihan.negatif thinking dan slalu curigaan.saya pngn g kya gt lgi.rasa minder saya sangat berlebihan.

    • sp0ngew4ter berkata:

      sebaiknya jangan minder, mbak. setiap orang punya kelebihan, jadi manfaatkan kelebihan itu sebagai dongkrak rasa mindernya. misal, mbak punya prestasi bagus, pedelah dengan prestasi itu. semangat, mbak…jalan masih panjang, masih banyak warna yg harus dicerahkan :)

    • sp0ngew4ter berkata:

      semangat mbak, nggak ada yg perlu dikhawatirkan. jalani hidup, ada masalah hadapi dengan mencari solusi. pasti bisa lah mbak, pelan2 bergaul dengan kawan2 yg baik sehingga mbak dapat pengaruh positif dari lingkungan, dan bisa membantu mbak untuk mengatasi rasa penakut, pemalu, negative thingking dan curigaannya. kawan baik membawa pengaruh baik, kawan buruk menghasilkan perangai buruk

  97. melly berkata:

    saya merasa minder yg berlebihan bngt.

  98. arifin123 berkata:

    terimakasih bnyak ea…..atas tips yank tlah klian brikan d situs…skrang q jadi mngrti khdupan ini…

    • sp0ngew4ter berkata:

      terimakasih kembali sudah berkunjung ke blog ini, semoga kamu terbantu. mumpung umur masih muda, manfaatkan dengan baik, semoga tidak trauma lagi :)

  99. Ayuninda berkata:

    Mksh atas postx. . .q snang membcax,krn trauma yang aku alami trhadap cwok,,sulit trkadang menghlangkan trauma tsbt. .tp q mencb brusha agr menjdi lbh baik,mksh atas sharex. . .

  100. anna berkata:

    klu trauma misalnya bgn dlu wktu pacaran udah melampaui batas (“) setlah putus move on. nya berhasil tapi setelah itu terulang kembali tapi dengan cowok yg beda pula kembali seperti itu malah semuanya lebih parah. apakah cara di atas bisa dilakukan untk mengulang masalalu itu. kasihan teman saya sudah hampir gila dibuat oleh masalalu.nya

    • sp0ngew4ter berkata:

      kalau mengulangi hal yg sama trus jadinya malah lebih parah, ya bagaimana. udah tau salah, dosa trus masih dilakukan. saya rasa kalau kita tahu bahwa di depan kita ada lubang dan sudah pernah jatuh sebelumnya, apa iya kita mau terjatuh dua kali? jawabnya pasti tidak. kira2 kalau seseorang berbuat kesalahan, trus diberi hukuman, ya setidaknya teguran, bisa kan? mungkin saja tekanan batin yg dialami kawan kamu adalah teguran sekaligus peringatan dan hukuman atas perbuatan dia. ada baiknya dia mengembalikan semuanya pada Allah, mohon ampun. saya rasa pendekatan diri pada Allah adalah satu obat yg mujarab. semoga temannya lekas pulih.

  101. iva berkata:

    Saya punyak pengalaman yg gak Βïsª aku lupain. Pas aku naik pesawat,truz pesawat yang aku naikin malah mau jatoh nah mulai itu kepala aku selalu sakit dan kalau ingat kejadian itu aku slalu nangis. Kenapa ya kok gtu??? Balas ya

    • sp0ngew4ter berkata:

      wajar kalau takut atau khawatir, tapi rezeki, jodoh, maut adalah rahasia Allah. mungkin dengan mengalihkan perhatian selama naik pesawat, misal dengan menikmati pemandangannya, membaca, atau melakukan hal lain akan mengurangi rasa takut. jangan lupa berdoa memohon perlindungan & keselamatan pada yang memberi hidup

  102. amella berkata:

    ga tau harus komentar apa, yg pasti segala cara aku udah lakukan untuk keluar dr perasaan ini, tp sampai sekarang, rasa itu tak pernah mau pergi, terus bertambah dan menghantuiku…
    setiap keadaan, membuat ku selalu teringat akan hal itu dan sangat menyakitkan dan menyesakkan dada ku. pernah ku hindari tp ga berhasil, ada yg bilang hadapi jangan takut… justru bagiku makin ga berhasil…
    sampai saat ini aku hanya bisa berkata “aku cape… banget….”

    • sp0ngew4ter berkata:

      kalo capek = menyerah. padahal Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum/seseorang jika ia tidak merubahnya sendiri. benar buat yg bilang hadapi, kalau tidak akhirnya akan terus capek. padahal matahari esok hari masih cerah, apa iya kita rela hidup dalam keadaan capek seperti itu? semoga berhasil menghadapinya, sis :)

  103. Ariviyati yati berkata:

    trauma terhadap apapun yang telah membuat hati saya merasakan sakit , fikiran saya ke mana2 ! sring lupa , tidak pernah percaya sama seseorang . sering merasa ketakutan yang berlebihan , nangis tanpa sebab . mohon solusinya

    • sp0ngew4ter berkata:

      ada baiknya mbak konsultasi ke dokter. hidup tidak selamanya manis, ada pahitnya juga maka itulah saat dimana kita menjadi kuat, saat dimana kita bisa memilih orang yg bisa kita percayai. saat manis maka itulah saat kita bangkit dan dihargai.

  104. Ela berkata:

    Asalamualaikum .. Saya mempunyai kisah yang sangat membuat saya terpuruk sampai saat ini. Saya sudah 1th pacaran dan dia meninggalkan saya tanpa ada sepatah kata pun seperti menghilang bahkan kabarnya kini dia mempunyai pacar baru. Saya sangat terpuruk tidak bisa melupakanya sudah satu bulan ini saya merasa benar”hancur bahkan setiap hari saya selalu menangis tidak bisa melupakanya. Semua kenangan yang selalu menghantui dan sakit bila selalu ingat semua perbuatanya . Mohon saranya

    • sp0ngew4ter berkata:

      wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. mbak ela, kirimannya saya tampilkan 1 saja ya karena intinya sama.

      saran saya, lupakan mantan mbak. dia bukan yg terbaik buat mbak. jika dia memang yg terbaik utk mbak dan jodoh mbak, maka dia akan ada saat mbak membutuhkannya dan tidak menyakiti mbak. pedulikah dia ketika mbak menangis setiap hari? tidak. dia punya pacar baru. ah, carilah lelaki yg baik yg siap menikahi mbak, siap bertanggung jawab dunia-akhirat. dan pesan saya, jangan mau capek2 nangis utk laki2 macam itu. semangat mbak!

  105. Azzah Lutfiana berkata:

    assalamualaikum. . .
    tipsnya bgus, , ,tpi saya msih bingung. . .
    dlu saya pernah buat kesalahan/khilaf dgn pcr saya,,, tpi saya udh t0bat trus saya putus dengan pcr saya, , ,tpi dia ngk terima/kyk ngk mau putus trus dia balas dendam/fitnah saya. . . :(
    fitnahnya bilang yg jelek” sma orang” fitnahnya parah bngt jdi saya di jauhin sma orang. . . :(
    apa yg hrus saya lakukan, , ,???fitnahnya tambah parah trus. . .
    capek saya di fitnah mulu. . . :'(

    • sp0ngew4ter berkata:

      kalo capek ya biarkan aja, nanti yg memfitnah itu juga akan capek sendiri apalagi ngeliat kamu yg cuek dan adem ayem aja setelah dai mengeluarkan fitnah2 itu. saran saya, jadilah seperti air, adem ayem tapi membuat orang menebak seberapa dalam ia. artinya, bersikap biasa saja maka orang lambat laun akan tahu siapa yg benar dan yg salah. tidak usah membantah atau mengiyakan, pokoknya biarkan saja dan diamkan saja. percaya deh, nanti dia capek sendiri. aamiin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s